Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulihkan dan Melihat Pesan Telegram yang Dihapus

 

Telegram adalah salah satu cara terbaik untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga Anda. Ini mengemas banyak fitur untuk mengekspresikan diri Anda dengan lebih baik. Namun ada kalanya Anda perlu kembali ke percakapan lama di Telegram hanya untuk mengetahui bahwa percakapan tersebut telah dihapus. Entah disengaja atau tidak, salah satu hal yang paling membuat frustrasi adalah mencoba memulihkan pesan yang sudah tidak ada lagi. Untungnya, semuanya belum hilang karena Anda masih dapat memulihkan pesan Telegram yang terhapus tergantung situasinya.

3 Cara Memulihkan Pesan Telegram yang Dihapus

Ada tiga kemungkinan cara untuk memulihkan pesan Anda yang terhapus di Telegram. Ingatlah bahwa tidak satu pun dari langkah-langkah ini yang menjamin Anda dapat memulihkan pesan yang dihapus, namun tetap layak untuk dicoba. Dan jika Anda sudah menghapus akun Telegram Anda , maka semua data akun dan chat Anda sudah terhapus.

1. Ekspor Data Anda melalui Aplikasi Telegram

Langkah ini adalah upaya terbaik Anda untuk memulihkan pesan Telegram yang dihapus. Namun, Anda memerlukan Telegram versi desktop agar ini berfungsi karena fitur ekspor data tidak tersedia di aplikasi seluler.

  1. Masuk ke versi desktop Telegram.
  2. Pada menu utama, pilih  ikon tiga kolom  .
  3. Buka  Pengaturan  lalu klik  Lanjutan.
  4. Gulir ke bawah dan pilih Ekspor data Telegram 
  5. Pilih apa yang ingin Anda unduh tetapi untuk pesan, aktifkan semua di bawah  Pengaturan ekspor obrolan.
  6. Gulir ke bawah lebih jauh dan aktifkan  HTML yang Dapat Dibaca Manusia.
  7. Klik Ekspor.
Setelah menyelesaikan permintaan, Anda harus menunggu 24 jam sebelum dapat mengunduh file. Selain itu, Anda akan diberitahu tentang permintaan ekspor pada perangkat lain yang saat ini Anda masuki. Buka pesan dari Telegram dan klik Izinkan. 

Ingatlah bahwa Anda tidak dapat menerima permintaan ekspor di aplikasi desktop. Anda perlu membuka Telegram di ponsel Anda dan menyetujui permintaan dari sana. Jika Anda belum masuk ke Telegram di ponsel, Anda harus menunggu 24 jam sebelum dapat memeriksa data Anda.

Setelah permintaan ekspor disetujui , buka  kembali menu Ekspor data Telegram  dan klik  Tampilkan Data Saya.

Pesan Anda akan berada dalam  file ekspor_results.html  yang akan terbuka di browser Anda saat diklik

2. Gunakan Fitur Urungkan Obrolan yang Dihapus

Telegram memiliki fitur yang memungkinkan Anda membatalkan obrolan yang dihapus beberapa detik setelah dihapus. Namun, ini tidak tersedia untuk pesan individual dalam obrolan. Ini hanya solusi jika Anda secara tidak sengaja menghapus seluruh percakapan dengan orang atau grup lain. Setelah obrolan dihapus, Anda akan melihat  tombol Undo  di bagian bawah layar.


Anda memiliki waktu sekitar 5 detik untuk memulihkan obrolan yang dihapus. Setelah waktu tersebut berlalu, obrolan tidak dapat dipulihkan.

3. Minta Salinan Pesan kepada Teman atau kontak

Metode terbaik untuk memulihkan pesan yang terhapus adalah dengan meminta salinannya kepada orang lain. Ini hanya berfungsi jika pesan dihapus untuk Anda dan tidak untuk semua peserta obrolan. Bicaralah dengan orang yang Anda ajak bicara dan mintalah mereka mengirimkan salinan pesan yang Anda perlukan. Ini hanya memerlukan sedikit bantuan dari kontak Anda. Lagi pula, Anda menambahkan teman di Telegram karena Anda memercayai mereka.

Haruskah saya Mencoba Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memulihkan Pesan Telegram yang Dihapus?

Banyak aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dapat memulihkan pesan Telegram yang dihapus. Tapi Anda harus berbeda-beda. Hal ini melanggar syarat dan ketentuan Telegram, jadi ini bukan hal yang paling aman untuk dilakukan. Kami sangat menyarankan Anda menghindari penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan pesan Telegram yang dihapus.

Kesimpulan

Berhati-hatilah saat menghapus pesan di TELEGRAM, karena anda harus melalui beberapa rintangan hanya untuk memulihkan pesan yang dihapus di Telegram. Lebih baik tidak kehilangan pesan sama sekali. Anda harus mempertimbangkan untuk mencadangkan data Anda setiap saat untuk berjaga-jaga jika percakapan tersebut dihapus secara permanen. 

Posting Komentar untuk "Cara Memulihkan dan Melihat Pesan Telegram yang Dihapus"