Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan & Menghapus Akun Telegram

 Anda dapat menghapus akun Telegram Anda secara permanen jika Anda tidak lagi menggunakan platform perpesanan tersebut.

Akun telegram

Telegram adalah aplikasi perpesanan solid yang kaya dengan fitur. Namun jika Anda beralih ke aplikasi perpesanan baru, sebaiknya hapus akun Telegram Anda sebelum menghapusnya.

Telegram tidak menawarkan peralihan langsung, Anda dapat melihat pengaturan aplikasi di semua platform. Jadi, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang menunjukkan cara menonaktifkan atau menghapus akun Telegram Anda.

Cara Mengekspor Data Sebelum Meninggalkan Telegram

Telegram tidak mengizinkan Anda menutup sementara akun Telegram Anda. Setelah dihapus, Anda tidak dapat membatalkan tindakan dan menghidupkan kembali akun Anda atau membaca teks lama Anda hanya dengan masuk kembali.

Untungnya, Telegram menawarkan opsi ekspor pada klien desktopnya jika ada percakapan yang ingin Anda simpan untuk referensi di masa mendatang.

Untuk menggunakannya, instal aplikasi Telegram di PC Anda dan masuk. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik Garis Tiga di sudut kanan atas untuk membuka menu navigasi dan pilih Pengaturan .
  2. Sekarang, klik Lanjutan dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Ekspor Data Telegram . Pilih jenis data yang ingin Anda ekspor dengan mengklik kotak centang yang sesuai. Anda juga dapat mengatur batas ukuran file yang masuk ke data yang diekspor dan memilih format unduhan; ini bisa berupa JSON atau HTML.
  3. Klik Ekspor . Bergantung pada ukuran data Anda, Telegram akan menyelesaikan ekstraksi dalam beberapa menit. Ketuk Tampilkan Data Saya untuk melihat file.

Cara Menghapus Akun Telegram Anda di Aplikasi iOS

opsi untuk menghapus akun Telegram Anda secara permanen hanya tersedia di aplikasi iOS dan versi web.

Untuk menghapus akun Telegram Anda secara permanen melalui aplikasi iOS di iPhone Anda:

  1. Di aplikasi, ketuk ikon Pengaturan di kanan bawah.
  2. Selanjutnya, buka Privasi dan Keamanan .
  3. Gulir menu ini hingga Anda mencapai bagian Hapus Akun Saya Secara Otomatis .
  4. Di sini, pilih entri If Away For 
  5. Ketuk Hapus Akun Sekarang .
  6. Gulir ke bawah pada menu berikut dan ketuk Hapus Akun Saya .

    Jika Anda ingin mengatur waktu penghapusan, ketuk Batal di kiri atas dan tentukan durasi tidak aktif yang baru setelah akun Anda akan hancur sendiri. Anda akan melihat opsi yang tersedia, mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun . Anda harus tetap tidak aktif selama jangka waktu yang ditentukan agar penghapusan otomatis dapat diterapkan.

  7. Terakhir, ketuk Lanjutkan . Kemudian Lanjutkan .
  8. Masukkan nomor telepon Anda di bidang yang tersedia dan ketuk Lanjutkan .
  9. Terakhir, ketuk Hapus Akun Saya untuk menghapus akun Telegram Anda secara permanen.

Setelah selesai, tindakan ini akan menghapus akun Telegram Anda di semua perangkat yang ditautkan.

Cara Menghapus Akun Telegram Anda Lintas Platform

Baik menggunakan aplikasi Android, desktop, atau iOS, menggunakan situs web Telegram akan menghapus akun Anda apa pun platform yang Anda gunakan untuk mengakses Telegram.

Untuk menonaktifkan akun Telegram Anda melalui opsi ini:

  1. Kunjungi situs web Telegram Saya .
  2. Masukkan nomor telepon Telegram Anda menggunakan format nomor internasional, lalu klik Berikutnya .
  3. Kode konfirmasi akan dikirimkan kepada Anda melalui Telegram dan bukan melalui SMS. Pastikan Anda dapat mengakses akun Telegram Anda untuk mengambil kodenya.
  4. Masukkan kode di kotak "Kode konfirmasi" dan klik Masuk .
  5. Pada layar berikutnya, klik tautan Hapus Akun . Di kotak teks yang tersedia, tulis alasan Anda keluar. Tekan tombol Hapus Akun Saya ketika Anda siap.
  6. Pilih opsi merah Ya, Hapus Akun Saya di prompt, dan selesai. Telegram akan menghapus akun dan data Anda secara permanen.

Bisakah Anda Menonaktifkan Akun Telegram Anda Sementara?

Anda tidak dapat menonaktifkan akun Telegram Anda untuk sementara. Satu-satunya pilihan yang Anda miliki adalah membiarkan profil Telegram Anda tidak aktif. Jika membantu, Anda dapat menghapus instalan aplikasi Telegram dari komputer dan ponsel Anda.

Namun, perlu diingat bahwa meninggalkan Telegram dalam waktu lama pada akhirnya akan mengakibatkan akun Anda dihapus secara otomatis secara permanen. Untuk menghindari hal ini, cobalah masuk ke aplikasi secara berkala sebelum periode penghapusan otomatis (enam bulan secara default) berlalu. Jika Anda tidak ingin orang lain melihat Anda sedang online, Anda dapat menyembunyikan tampilan terakhir Anda di Telegram .

Apa Yang Terjadi Saat Anda Menghapus Akun Telegram Anda

Sebelum menghapus profil Telegram Anda selamanya, sebaiknya pahami konsekuensi dari tindakan tersebut.

Saat Anda menghapus akun Anda, Telegram mengatakan akan menghapus semua obrolan dan data Anda. Akun Anda dihentikan secara permanen dan pesan Anda, serta kontak, dihapus dan tidak dapat diambil lagi.

Adapun saluran dan grup yang Anda buat, mereka akan terus berfungsi secara normal bahkan ketika Anda menghapus Telegram, dan admin yang ada akan mempertahankan hak istimewa mereka. Jika Anda adalah satu-satunya admin, Telegram akan secara acak menetapkan anggota aktif sebagai admin baru.

Selain itu, Telegram tidak mengizinkan Anda membuat akun baru dengan nomor telepon yang sama lagi setidaknya selama beberapa hari. Selain itu, menghapus akun yang dibatasi karena aktivitas terkait spam tidak akan menghapus larangan tersebut.

Mengapa Anda Mungkin Ingin Menghapus Akun Telegram Anda

Meskipun Telegram menawarkan beberapa fitur berguna , masih ada beberapa alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun Telegram Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menghapus akun Telegram...

1. Telegram Bukan Lagi Aplikasi Terbaik untuk Anda

Dengan banyaknya aplikasi perpesanan instan yang tersedia, ada kemungkinan Telegram bukan lagi aplikasi perpesanan terbaik untuk kebutuhan Anda. Mungkin ada aplikasi baru di kota ini, dan Anda ingin mengalihkan percakapan Anda ke sana, atau Anda khawatir tentang fitur Telegram yang mungkin mengekspos lokasi Anda .

2. Teman Anda Meninggalkan Telegram

Mungkin beberapa teman atau anggota keluarga Anda sudah tidak menggunakan Telegram lagi. Oleh karena itu, Anda mengikuti mereka dari Telegram ke jalur baru agar tetap terhubung.

3. Kebijakan Telegram Membuat Anda Khawatir

Aplikasi perpesanan populer sering kali mengetahui banyak tentang Anda . Mungkin juga Anda merasa tidak nyaman dengan kebijakan terbuka Telegram dan komunitasnya yang luas. Berbagai laporan mengklaim Telegram adalah sarang aktivitas ilegal dan menjadi tuan rumah saluran di mana pengguna dapat dengan mudah mengunduh film atau trek musik baru secara gratis.

4. Anda Tidak Percaya Telegram

Telegram tidak mengenkripsi obrolan secara default dan model keamanannya telah dikritik oleh beberapa orang. Sebagai perbandingan, kompetitornya, Signal, umumnya dipandang lebih percaya pada keamanan dan privasi.

Apakah Saatnya Menghapus Telegram?

Telegram adalah platform perpesanan kompeten yang tersedia di berbagai platform. Namun, jika Anda memutuskan untuk keluar dari Telegram, metode ini akan membantu Anda menghapus akun Telegram dan menyimpan data obrolan secara lokal di komputer Anda.

Jika Anda masih mencari tempat baru untuk percakapan digital Anda, ada sejumlah alternatif Telegram yang bisa Anda coba.

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan & Menghapus Akun Telegram"