Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Google Docs? Cara menggunakan Google Docs Seperti Profesional

 Google docs dapat melakukan lebih dari yang Anda bayangkan. Dan berikut ini hal yang perlu Anda ketahui untuk menguasai Google Docs!

Google docs

Google Docs adalah komponen pengolah kata dari Google. Ini adalah alternatif gratis untuk Microsoft Word. Ini juga memiliki lebih banyak fitur daripada yang mungkin Anda sadari.

Pada artikel ini, kami akan menjawab pertanyaan paling umum tentang Google Docs.

Apa itu Google Docs? 

Google Docs adalah pengolah kata berbasis browser Google. Anda dapat membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara online dan mengaksesnya dari komputer mana pun. Bahkan ada aplikasi seluler untuk Android dan iOS.

Apa yang membedakan Google Docs dari pesaing desktop utamanya, Microsoft Word, karena Google Docs adalah salah satu pengolah kata pertama yang menawarkan pengeditan dokumen online.

Google telah mempermudah berbagi dokumen di seluruh platform dan mengerjakannya bersama-sama secara real-time dari browser. Teman Anda bahkan tidak memerlukan akun Google untuk melihat atau mengedit dokumen Google yang Anda bagikan dengan mereka.

Cara Menggunakan Google docs

Anda dapat menggunakan Google Documents seperti Anda menggunakan dokumen Word. Buat dokumen baru, gunakan template Google Dokumen , bagikan dokumen dengan tim Anda, dan berkolaborasi secara real-time. Kami akan menunjukkan dasar-dasarnya di sini.

Cara Membuat Google docs

Untuk membuat Google Docs baru, pertama-tama kunjungi docs.google.com dan masuk dengan akun Google Anda. Setelah Anda berada di halaman awal Google Docs, Anda dapat membuat dokumen baru yang kosong atau memilih template.

Anda juga dapat membuka File > Baru > Dokumen atau File > Baru > Dari templat untuk melakukan hal yang sama dari dalam Google docs.

Cara Menyimpan Google Docs

Sebagai bagian dari rangkaian online Google, Anda tidak perlu lagi mengingat untuk menyimpan dokumen karena Google secara otomatis menyimpannya ke Google Drive Anda. Oleh karena itu, Anda tidak akan menemukan tombol Simpan.

Artinya, dari menu File , Anda dapat Membuat Salinan , Email , atau Mengunduh Google Dokumen Anda.

Cara Mengunduh di Google docs

Google menyimpan dokumen Anda di Google Drive. Untuk mengunduh Google Dokumen ke komputer Anda, buka File > Unduh dan pilih format file yang Anda inginkan.

Cara Mengirim Email ke Google docs

Jika Anda ingin mengunduh dokumen karena ingin mengirimkannya melalui email, Anda dapat melakukannya langsung dari dokumen tersebut. Buka File > Email > Kirimkan file ini melalui email / Email teman , pilih format file yang ingin Anda lampirkan, dan isi detail email standar.

Cara Berbagi Di Google docs

Namun, daripada mengirim dokumen melalui email, kami sarankan untuk tidak membagikannya. Itu karena berbagi memungkinkan semua orang melihat dan mengerjakan versi dokumen yang sama. Dengan cara ini, Anda menghindari pembuatan salinan yang saling bertentangan atau duplikasi karya Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, penerima tidak memerlukan akun Google untuk melihat atau mengedit dokumen.

Untuk membagikan Google Dokumen dari dalam dokumen, klik tombol Bagikan di kanan atas. Sekarang Anda memiliki beberapa pilihan:

Anda dapat memasukkan nama atau alamat email penerima yang diinginkan. Perhatikan bahwa tingkat akses default dengan metode ini adalah Editor . Klik ikon pena di sebelah kanan untuk mengubahnya menjadi Viewer atau Commenter .

Daripada membagikan dokumen dengan individu, Anda dapat membagikannya dengan grup melalui tautan menggunakan menu Dapatkan tautan . Secara default, Google Dokumen pribadi Anda akan dibagikan kepada Siapa Pun. 

Setelah selesai, klik Salin tautan di kanan bawah. Tautan akan disalin ke clipboard Anda.

Cara Melihat riwayat Perubahan di Google docs

Saat Anda sering melakukan perubahan pada Google Dokumen atau setelah Anda membaginya dengan orang lain, Anda pasti ingin melacak perubahannya. Contohnya:

Riwayat Versi

Google docs secara otomatis melacak riwayat versi dokumen Anda. Buka File > Riwayat Versi > Lihat riwayat versi untuk memperluas menu yang mencantumkan semua perubahan yang telah dilacak Google untuk dokumen Anda.

Anda akan melihat kapan perubahan dilakukan, siapa yang membuatnya, dan semuanya disorot dalam dokumen.

Anda bahkan dapat memberi nama versi saat ini untuk dengan mudah mengembalikan perubahan yang dilakukan setelahnya. Buka File > Riwayat Versi > Namai versi saat ini , masukkan nama, dan klik Simpan .

Alternatifnya, buka menu riwayat versi dan klik tanggal atau nama versi untuk mengganti namanya. Di menu riwayat versi, Anda kemudian dapat mengaktifkan pengaturan untuk hanya menampilkan versi dengan nama

Riwayat versi adalah bentuk dasar pelacakan perubahan. Anda dapat memulihkan versi dokumen dengan memilihnya dan mengklik tombol Pulihkan Versi Ini . Yang tidak dapat Anda lakukan adalah menerima atau membuang perubahan individual dalam setiap versi. Jika itu fungsi yang Anda inginkan, Anda harus menggunakan fitur lain: mode.

Modus Saran

Google docs mendukung tiga mode berbeda: Mengedit , Menyarankan , dan Melihat . Pengeditan adalah mode default. Untuk beralih ke mode lain, buka Lihat > ​​Mode atau klik ikon pena di ujung kanan menu alat. Untuk mengontrol perubahan individual, gunakan Suggesting .

Saat Anda membuat perubahan dalam mode Saran, Anda akan melihat komentar di sisi kanan dokumen, dengan opsi untuk menerima atau menolak saran. Anda juga dapat menulis balasan untuk mendiskusikan setiap perubahan yang akan dilakukan.

Cara mencetak Dari Google docs

Mencetak dari Google docs berfungsi sama seperti mencetak dokumen lain di komputer Anda. Untuk mencetak Google Docs , buka dokumen, lalu buka File > Cetak atau tekan pintasan keyboard Ctrl + P atau klik ikon cetak di menu alat.

Setiap tindakan ini akan membuka menu cetak Anda. Dari sini, pilih printer dan pengaturan Anda dan cetak seperti biasa.

Cara Mengedit Google docs Secara Offline

Untuk mengedit Google docs Anda secara offline, Anda harus memenuhi beberapa ketentuan dasar. Pertama, Anda harus online saat mengatur akses offline. Anda juga perlu menggunakan Google Chrome di luar mode penyamaran, memasang dan mengaktifkan ekstensi Chrome Offline Google Docs , dan memiliki ruang penyimpanan kosong yang cukup untuk menyimpan file Anda.

Setelah selesai, buka docs.google.com,  buka Pengaturan , dan pastikan pengaturan Offline berada di posisi Aktif 

Kini, setiap dokumen yang mulai Anda kerjakan juga akan tersedia secara offline di komputer Anda, setidaknya untuk sementara. Ikon awan di samping nama dokumen menunjukkan apakah dokumen Anda tersedia secara offline atau tidak. 

Posting Komentar untuk "Apa itu Google Docs? Cara menggunakan Google Docs Seperti Profesional"