Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Kesalahan “PC Anda Tidak Memulai dengan Benar”

Menemukan masalah  "PC Anda tidak memulai dengan benar" mungkin mengkhawatirkan, tetapi ada beberapa cara untuk memperbaikinya.


Terkadang Anda mungkin menemukan pesan kesalahan yang berbunyi “PC Anda tidak memulai dengan benar,” tepat setelah Anda boot ke Windows. Meskipun kesalahan ini tidak terjadi sekali saja, Anda harus mewaspadainya jika Anda mengalaminya berulang kali.

Berbagai penyebab, seperti peningkatan perangkat keras baru-baru ini, driver baru atau yang diperbarui, atau kerusakan sistem file, dapat memicu kesalahan ini. Jika ini pertama kalinya Anda melihat kesalahan tersebut, coba restart PC Anda dan lihat kesalahan tersebut muncul lagi. Jika ya, teruslah membaca untuk mengetahui semua kemungkinan perbaikan untuk menyelesaikan masalah “PC Anda tidak memulai dengan benar”.

1. Jalankan Startup

Startup Repair adalah utilitas bawaan Windows yang mencoba mendiagnosis dan memperbaiki masalah PC apa pun. Jika PC Anda tidak melakukan booting dengan benar dan muncul di layar Perbaikan Otomatis yang sama berulang kali, cobalah alat Startup.

Inilah cara Anda menjalankan alat Startup repair tool di PC Windows Anda:

  1. Pertama, picu layar " PC Anda tidak memulai dengan benar ", lalu pilih Opsi lanjutan , bukan Mulai ulang .
  2. Buka Pemecahan Masalah > Opsi lanjutan dan klik Perbaikan Startup . Layar baru akan muncul, memberi tahu Anda bahwa Windows sekarang mencoba memperbaiki masalah booting pada perangkat Anda.
  3. Jika, bahkan setelah langkah di atas, Anda masih melihat layar biru yang sama, klik tombol Restart dan biarkan prosesnya selesai.

Alat Perbaikan Startup, dalam banyak kasus, seharusnya melakukan pekerjaan itu, tetapi jika tidak berfungsi, lanjutkan ke metode berikutnya.

2. Boot ke Mode Aman

Safe Mode memungkinkan Anda memecahkan masalah Windows dengan memulai PC Anda dalam keadaan terbatas. Jika Anda perlu mengambil data penting dari komputer yang tidak berfungsi, Anda dapat menggunakan Safe Mode dan mentransfer data Anda ke flash drive. Selain itu, mem-boot ke Safe Mode dan memulai ulang PC Anda biasanya dapat memperbaiki kesalahan “PC Anda tidak memulai dengan benar”.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mem-boot komputer Anda ke  safe mode

  1. Klik Opsi Lanjutan ketika layar biru muncul
  2. Navigasikan ke Pemecahan Masalah > Opsi lanjutan > Pengaturan Startup .
  3. Klik Mulai Ulang . Saat PC dihidupkan ulang, Anda akan melihat daftar opsi pengaktifan.
  4. Tekan tombol 4 atau F4 pada keyboard Anda , yang seharusnya mem-boot PC Anda dalam Safe Mode.

Jika Anda perlu mentransfer data apa pun, sekarang adalah saat yang tepat. Restart PC untuk kembali ke OS Windows standar setelah selesai. Jika semuanya berjalan baik, kesalahan Anda akan hilang.

Selain Safe Mode, Anda akan menemukan banyak hal lain di bawah Startup Settings.

3. Lakukan Pemulihan Sistem

Jika Anda baru saja melakukan perubahan apa pun pada sistem, hal ini mungkin menyebabkan kesalahan mulai muncul. Namun, jika Anda tidak yakin perubahan apa yang dapat Anda lakukan, Anda dapat melakukan perjalanan waktu ke sistem hingga mencapai titik di mana sistem berfungsi dengan baik. Ini mungkin terdengar seperti sihir, tapi sebenarnya tidak; itu adalah fitur Pemulihan Sistem , salah satu alat pemulihan Windows yang paling kuat.

Namun, Anda hanya dapat menggunakan Pemulihan Sistem ketika sistem Anda telah membuat titik pemulihan sebelumnya. Untungnya, jika Pemulihan Sistem diaktifkan pada PC Anda, Windows akan membuat titik pemulihan setiap kali Anda melakukan perubahan penting, seperti instalasi driver atau pembaruan Windows. Oleh karena itu, kemungkinan besar Anda sudah memiliki beberapa titik pemulihan yang siap digunakan

Jika Anda sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pemulihan sistem:

  1. Klik Opsi lanjutan > Pemulihan Sistem . Pada tahap ini, Anda mungkin perlu memilih dan masuk ke akun administrator yang ingin Anda pulihkan jika Anda memiliki beberapa akun administrator.
  2. Klik Berikutnya untuk membuka layar utama untuk pemulihan sistem.
  3. Pilih titik pemulihan yang dibuat ketika sistem Anda berfungsi dengan baik, dan klik Berikutnya .
  4. Jika Anda khawatir tindakan ini akan menghapus aplikasi penting yang Anda instal baru-baru ini, klik Pindai program yang terpengaruh di layar berikutnya, dan Anda akan melihat program yang akan hilang setelah pemulihan.
  5. Klik Selesai untuk melanjutkan dan biarkan Windows menyelesaikan prosesnya.

Mudah-mudahan Anda bisa boot ke Windows kembali setelah proses selesai.

4. Periksa File Sistem yang Hilang atau Rusak

Windows mungkin mengalami masalah booting jika satu atau lebih file sistem rusak atau hilang. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan utilitas System File Checker (SFC).

Berikut cara menggunakan utilitas SFC menggunakan Command Prompt:

  1. Dari layar kesalahan, navigasikan ke Opsi lanjutan > Prompt Perintah .
  2. Pertama, jalankan alat DISM (Deployment Image Servicing and Management) di jendela Command Prompt untuk mengunduh file sistem Windows agar dapat melakukan booting dengan benar. Berikut perintah untuk itu: DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth
  3. Selanjutnya, jalankan utilitas Pemeriksa Berkas Sistem menggunakan perintah ini: sfc /scannow
  4. Alat SFC memindai PC Anda untuk mencari file sistem yang hilang atau rusak. Setelah selesai memindai dan memperbaiki file sistem, gunakan perintah ini untuk me-restart PC Anda secara otomatis: shutdown /r

5. Perbaiki Data Konfigurasi Boot

Dalam bahasa Windows, BCD adalah singkatan dari data konfigurasi boot. Ini adalah informasi yang diandalkan oleh lingkungan runtime Windows untuk menginstruksikan boot loader Windows tentang di mana ia perlu mencari informasi boot.

Jika tidak ada perbaikan sebelumnya yang berhasil, memperbaiki BCD sistem Anda mungkin layak dicoba jika satu atau lebih file rusak atau hilang.

Anda dapat memperbaiki data konfigurasi boot menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Opsi Lanjutan > Prompt Perintah dari layar kesalahan.
  2. Di Command Prompt, jalankan perintah berikut: bootrec /rebuildbcd
  3. Jika perintah bootrec mengidentifikasi satu atau lebih instalasi Windows, tekan Y atau A untuk menambahkan semuanya ke daftar boot. Selanjutnya, jalankan semua perintah berikut:
    bcdedit /export c:bcdbackup
  4. attrib c:bootbcd -h -r -s
  5. ren c:bootbcd bcd.old
  6. bootrec /rebuildbcd

Jika Anda menghadapi kesalahan dengan perintah, pastikan untuk mengetikkannya satu per satu. Setelah selesai, tekan Y dan Enter . Terakhir, setelah data konfigurasi boot diperbaiki, restart PC.

6. Perbaiki Master Boot Record

Master Boot Record (MBR) adalah sektor pertama pada HDD Anda. Sederhananya, ini membantu sistem Anda mengidentifikasi lokasi OS Anda sehingga dapat melakukan booting ke memori akses acak PC Anda. Jika rusak, komputer Anda akan sulit melakukan booting secara normal.

Untuk memperbaiki MBR, buka Opsi lanjutan Prompt Perintah dan gunakan perintah berikut untuk memulai proses perbaikan:

chkdsk /r

Jika ini tidak memperbaiki kesalahan, jalankan perintah berikut satu per satu:

bootrec /rebuildbcd
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot


Nyalakan kembali komputer Anda dan lihat apakah ini memperbaiki kesalahan “PC Anda tidak memulai dengan benar”.

7. Hapus Pembaruan Windows Terbaru

Jika Anda mulai mengalami kesalahan setelah pembaruan, Anda harus menghapus instalasi pembaruan terkini. Kami berasumsi Anda tidak dapat boot ke desktop karena layar biru. Jadi, kami sarankan untuk boot ke Safe Mode terlebih dahulu. Setelah Anda berada dalam Mode Aman, ikuti langkah-langkah tentang cara menghapus instalasi artikel pembaruan terkini.


Alternatifnya, Anda juga dapat membuka Opsi Lanjutan > Hapus Instalasi Pembaruan . Pilih pembaruan yang terbaru, lalu hapus instalannya.

Jika Anda berhasil memperbaiki masalah "PC Anda tidak memulai dengan benar", lihat penjelasan tentang semua opsi Pengaktifan Lanjutan untuk tujuan pemecahan masalah di masa mendatang.

8. Setel ulang PC Anda

Sebagai upaya terakhir, Anda dapat mencoba mengatur ulang PC Anda. Menyetel ulang PC pada dasarnya menginstal ulang seluruh OS. Setelah pengaturan ulang, Anda harus menginstal ulang semua aplikasi pihak ketiga, dan semua pengaturan akan kembali ke default. Itulah mengapa ini merupakan pilihan terakhir. Jika Anda sudah mencoba yang lain, lihat cara mereset komputer Windows untuk memperbaiki kesalahan.

Windows Anda Aktif dan sudah Berjalan normal kembali?

semoga saja, salah satu tutorial ini berhasil di jalankan, dan PC Anda bisa melakukan booting. Jika Anda masih mengalami masalah saat boot ke Windows, jangan murung; yang perlu Anda lakukan hanyalah meluangkan lebih banyak waktu untuk memecahkan masalah. dan pastikan sudah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Kesalahan “PC Anda Tidak Memulai dengan Benar”"