Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Nat Keramik Kamar Mandi Yang Merembes Dan Bocor


 Keramik kamar mandi nat meski terlihat kecil dan hanya tampil sebagai pelengkap, namun memiliki peranan yang cukup penting
Nat keramik pada umumnya memang berfungsi sebagai penyambung dan menutup celah atau sisi pertemuan keramik. Fungsinya bertambah lagi jika ditempatkan di area kamar mandi.

Pada area kamar mandi, nat keramik harus tahan air dan tidak mudah rusak agar air yang mengalir di atasnya tidak merembes keluar. Jika kamar mandi Anda terletak di lantai dua, rembesan air tentu dapat merusak plafon dan menyebabkan air menetes.

Dampak buruknya, kerusakan yang lebih parah bisa saja terjadi jika hal ini dibiarkan begitu saja.

Memperbaiki Nat Keramik Kamar Mandi yang Bocor

Kebocoran kamar mandi biasanya disebabkan oleh usia nat keramik yang sudah tua. Usia keramik yang sudah aus lambat laun terkikis kemudian menimbulkan celah yang menjadi tempat menyerap air sehingga bocor.

Hal ini sering terjadi tidak hanya pada keramik kamar mandi tetapi juga pada ubin nat pada lantai rumah.

Hewan cacing yang bersembunyi di dalam nat juga bisa menjadi penyebab atau turut memperparah kebocoran.

Sebaliknya jika lantai dinding kamar mandi Anda masih baru namun bocor berarti kebocoran tersebut disebabkan oleh hal lain. Misalnya terjadi karena pemasangan keramik yang salah atau pembuatan yang tidak tepat.

Untuk memperbaiki nat keramik kamar mandi yang masih tergolong baru, caranya mudah. Langkah  pertama  yang harus Anda lakukan adalah memastikan apakah keramik menempel dengan baik atau tidak. Caranya dengan mengetuk menggunakan punggung jari atau benda tertentu.

Jika keramik tidak menempel dengan baik maka terpaksa harus dilakukan pembongkaran. Namun jika diketuk terdengar penuh, Anda hanya perlu membersihkan nat pada bagian yang bocor.

Setelah seluruh nat Anda terkikis hingga ke dasar, langkah selanjutnya adalah membersihkan nat hingga benar-benar bersih.

Campurkan air dan semen untuk membuat nat keramik tahan air atau dengan cat tahan air yang Anda sapukan pada nat keramik. Biarkan cairan terbuka beberapa menit hingga benar-benar meresap dan mengering sempurna.

Jika Anda yakin lapisan semen atau cat anti air sudah benar-benar kering, barulah isi nat Anda dengan menggunakan nat.

Setelah semua nat tertutup sempurna sebaiknya jangan menunggu sampai kering. Segera bersihkan sisa semen yang meluap dengan menggunakan kain basah atau spons yang sudah dibasahi dengan air.

Kebocoran dapat Disebabkan Oleh Cacing dan Hewan Sejenisnya

Cara perbaikan nat di atas adalah untuk nat yang bocor akibat umur keramik yang sudah tua dan lain-lain.

Sedangkan jika kebocoran nat keramik kamar mandi terindikasi disebabkan oleh hewan seperti cacing, maka penanganannya berbeda. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengusir worm tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan patching.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menyiram kamar mandi menggunakan air yang sudah dicampur garam. Diamkan beberapa saat maka cacing akan keluar dengan sendirinya dan mati.

Memilih Produk Nat Keramik Terbaik

Perlu dipahami bahwa fungsi nat keramik hanya sebatas pada celah antar keramik saja. Bukan sebagai perekat. Meski secara visual tampak seperti lem antar keramik, namun sebenarnya tidak.

Jika Anda membutuhkan bahan pengisi nat untuk keramik kamar mandi atau ruangan lembab/basah lainnya, pilihlah yang memiliki kandungan polimer tinggi. Kandungan polimer pada bahan pengisi nat mempunyai daya rekat yang kuat.

Selain polimer, biasanya bahan pengisi nat yang baik juga mengandung pasir yang berkualitas. Pasir yang dipilih sebagai bahan campuran merupakan jenis pasir silika yang terkenal lembut dan bersih.

Jadi jika Anda menginginkan bahan pengisi nat keramik yang berkualitas, maka pilihlah bahan polimer yang tinggi.

Meski harganya relatif lebih mahal, namun soal ketahanan, material ini memberikan jaminan yang cukup lama.

Perlu diingat, secara umum, pengisi nat berbentuk bubuk. Untuk mendapatkan nat yang tepat, Anda harus mencampurkannya dengan cairan akrilik. Cairan ini berfungsi untuk memperkuat pengisi nat dan juga sangat cocok untuk keramik di area basah seperti kamar mandi.

Biasanya pada setiap kemasan produk tercantum ruang lantai yang bisa diisi. Maka dari itu baca dan perhatikan teknis penerapannya agar kebocoran keramik nantinya bisa tertutup sempurna.

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Nat Keramik Kamar Mandi Yang Merembes Dan Bocor"