Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menjaga Kebugaran Jasmani? 3 Cara Tetap Aktif Di Rumah!

Sehat bugar

1. Makan dengan benar dan pantau asupan kalori

Pola makan Anda memainkan peran besar dalam menentukan tingkat kebugaran fisik Anda. Kita semua pernah berada dalam posisi ketika semua bungkus keripik, sereal manis, minuman ringan, dan makanan manis dan gurih lainnya mengundang kita dari rak bahan makanan.

Mungkin sangat sulit untuk melepaskan diri dari makanan lezat seperti itu, tetapi hal ini harus dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya di kemudian hari. Jauhi makanan tidak sehat yang kaya akan lemak trans, lemak jenuh, dan gula tambahan.

Selalu perhatikan bahan makanan kemasan sehingga Anda bisa membeli alternatif rendah kalori dan melindungi diri dari kalori ekstra tersebut. Batasi asupan makanan yang dibawa pulang seminimal mungkin, karena makanan tersebut sering kali mengandung bahan pengawet yang berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Konsumsilah biji-bijian, buah-buahan, sayuran, buah-buahan kering, dan lain-lain, dan carilah resep inovatif untuk mempercantik selera Anda. Lacak jumlah kalori yang Anda konsumsi sehingga Anda dapat merencanakan latihan Anda dengan tepat. 

2. Mengatur waktu aktivitas fisik harian

Pastikan Anda berolahraga dalam jumlah tertentu setiap hari. Ini mungkin tampak menakutkan pada awalnya, tetapi mengambil langkah kecil pada awalnya dan secara bertahap meningkatkan intensitas dan durasi hingga tubuh Anda terbiasa sepenuhnya adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Jika Anda tidak ingin melakukan olahraga intensitas tinggi, maka pilihlah olahraga seperti yoga, tai chi, jalan cepat, atau bahkan berenang. Mulailah dari yang kecil, dan jangan langsung melakukannya dari awal karena dapat menyebabkan nyeri otot dan menghambat jadwal latihan Anda.

Cobalah untuk menemukan segala cara untuk melakukan gerakan fisik sebanyak apa pun. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tangga dibandingkan lift, bersepeda ke toko terdekat, dan parkir agak jauh dari kantor agar Anda dapat berjalan lebih jauh.

Beri diri Anda istirahat yang cukup di antara latihan sehingga Anda dapat bekerja lebih baik, dan pastikan untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah latihan. Hidrasi diri Anda saat berolahraga, dan bahkan nikmati minuman protein shake untuk memberikan energi yang cukup bagi otot Anda.

3. Tidur nyenyak

Bekerja atau sekolah menyita sebagian besar hari kita. Selain itu, berolahraga menyebabkan hilangnya energi lebih lanjut, jadi memastikan Anda tidur setidaknya enam hingga delapan jam sehari sangatlah penting untuk menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi sepanjang hari.

Jika Anda menderita masalah terkait tidur, konsultasikan dengan dokter agar Anda bisa mendapatkan saran tentang cara tidur nyenyak. Anda dapat menerapkan teknik seperti mencari tempat yang dingin dan nyaman, menggunakan aromaterapi, atau bahkan menghilangkan semua sumber stres sehingga Anda bisa mendapatkan dosis tidur yang diperlukan.

Jika Anda tidur siang di siang hari, usahakan durasi tidur siang Anda singkat agar Anda bisa mengejar tidur tersebut di malam hari.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menjaga Kebugaran Jasmani? 3 Cara Tetap Aktif Di Rumah!"