Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cepat belajar membaca anak TK

  Tips belajar membaca TK

 Membaca merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan sejak dini. Mengajarkan membaca pada anak paling efektif adalah pada usia 4-5 tahun karena perkembangan otaknya yang mudah menyerap. Oleh karena itu, diharapkan bagi para orang tua untuk selalu mempunyai cara yang kreatif dalam mengajarkan anak membaca, khususnya pada anak TK. Berikut beberapa tip untuk memberikan tip:


Tips belajar membaca TK

Memberikan lebih banyak kosa kata

Kosakata merupakan hal yang sangat penting pada diri anak, terutama bagi mereka yang baru belajar membaca. Dengan selalu mengajarkan kosakata yang ada disekitarnya maka akan membuat anak lebih mudah mengingatnya. Semakin banyak kosakata yang diajarkan maka akan semakin membantu anak dalam membaca.


Belajar di tempat yang menyenangkan

Mengajari anak TK membaca harus mempunyai inisiatif yang berbeda-beda. Salah satunya adalah dengan meletakkannya di tempat-tempat menarik seperti di taman. Belajar tidak harus selalu di dalam ruangan. Sesekali ibu bisa mengajak anak bermain sambil belajar membaca. Hal ini diyakini dapat memacu semangat anak dalam belajar membaca karena berada di tempat baru. Untuk itu, ajaklah anak belajar tidak hanya di dalam ruangan saja.


Melatih Anak Bercerita

Sebagai orang tua yang ingin anaknya lebih mudah belajar membaca, maka berikan kesempatan untuk menceritakan kesehariannya melalui tulisan. Setelah itu, mintalah anak membacakan apa yang telah ditulisnya. Cara ini bertujuan untuk membantu anak dalam menyerap berbagai kata baru dari apa yang diingatnya.


Menggunakan alat

Anak biasanya akan lebih mudah memahami bacaan jika menggunakan alat seperti spidol atau Stabilo. Bagi ibu-ibu sebaiknya mencoba cara ini, usahakan memakai spidol dengan warna berbeda agar anak lebih mudah membaca dengan benar sekaligus cara belajar membaca yang menyenangkan. Dapat digunakan untuk mengajarkan anak dalam membedakan warna.


Jangan terlalu memaksa

Anak usia 4 tahun biasanya tidak suka dipaksa, namun orang tua juga tidak menyerah ketika anak tidak suka belajar membaca. Rujuklah anak secara perlahan sampai anak mempunyai keinginan dalam membaca. Ibu harus lebih sabar dalam membujuk anak untuk belajar. Biasanya anak lebih mudah dibujuk sehingga diajari membaca.


Menciptakan Susasana Kreatif

Mengajar anak TK memang harus dengan cara yang berbeda-beda. Usahakan ciptakan suasana kreatif agar anak merasa tidak belajar. Penggunaan cara yang lebih kreatif akan membantu perkembangan otak kanan sehingga memudahkan anak dalam belajar membaca. Mempraktikkan perkembangan otak kanan sebaiknya dimulai sejak masa kanak-kanak agar menghasilkan tumbuh kembang yang lebih berkualitas.


Ciptakan cara yang menyenangkan

Masih banyak lagi cara mengajar anak membaca yang lebih menyenangkan, khususnya untuk anak TK. TK akan menyukai cara yang menyenangkan misalnya huruf berwarna-warni. Mengajar dengan lebih menyenangkan akan membuat si kecil semakin bergairah dalam belajar membaca dan lebih mudah mengingat apa yang telah dibacanya.


Memberi nama pada objek

Meski cara ini sedikit sulit, namun akan membuat anak lebih mudah dalam mengingat kosakata. Hal ini dapat mempelajari benda-benda di sekitar contohnya seperti sepatu, tas, kaos kaki, sepeda, dan lain-lain. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan gambar yang dapat ditulisi di bagian bawah. Hal ini akan membuat si kecil mudah mengingatnya.


Membaca cerita sebelum tidur


Membacakan Cerita sebelum tidur ternyata mempunyai efek yang baik untuk meningkatkan daya ingat anak. Saat anak mendengar lagu pengantar tidur, otaknya lebih mudah menstimulasi kosakata bahwa ia sedang tertidur pulas. Anak yang membacakan cerita mempunyai kemampuan menyerap kosa kata lebih cepat sehingga lebih mudah dalam belajar membaca.

Posting Komentar untuk "Cara cepat belajar membaca anak TK"