Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Factory Reset PS4 Dalam 6 Langkah

 Dengan dirilisnya konsol generasi terbaru, PS5 dan Xbox X Series, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk  menjual PS4 Anda . Meskipun Anda tidak ingin mengupgrade ke konsol baru, PS4 lama Anda mungkin sedikit bermasalah atau rusak, atau mungkin Anda baru saja memutuskan sudah waktunya untuk menjualnya. Ini juga dapat membantu Anda memperbaiki beberapa bug, jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan reset pabrik jika PS4 Anda juga bermasalah. Terkadang Anda akan menemukan bahwa soft reset sederhana pada konsol Anda dapat memperbaiki bug ini, tetapi terkadang Anda harus melangkah lebih jauh dan memulihkan PS4 Anda ke pengaturan pabrik.

Apa pun alasan Anda, melakukan reset pabrik pada PS4 Anda dapat berguna, tetapi ingatlah bahwa Anda akan menghapus semua data saat melakukannya, jadi pastikan Anda memberikan perhatian ekstra pada bagian pencadangan dari panduan ini. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita uraikan cara mengatur ulang pabrik Playstation 4 Anda.

Cara Factory Reset ps4

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mereset PS4 ke pengaturan pabrik, caranya semudah mengikuti 6 langkah di bawah ini.

1. Masuk ke PS4 Anda dan buka pengaturan

Di menu pengaturan, Anda akan disuguhkan sejumlah opsi. Apa yang Anda cari di sini adalah Manajemen Akun. Ini adalah langkah yang mungkin Anda lewatkan, namun ini penting, dan kita akan membahas alasannya di langkah kedua.

2. Nonaktifkan PS4 Anda

Langkah ini penting, terutama jika Anda menjual PS4, mendaur ulang, atau meneruskannya. Jika tidak melakukan ini, Anda akan mengalami masalah saat masuk ke konsol lain dan mencoba mengakses atau memainkan game yang Anda unduh. Anda sebaiknya memastikan bahwa Anda melakukan ini, karena ini mengidentifikasi konsol ini sebagai konsol yang terkait dengan akun Anda.

Di Manajemen Akun, klik 'Aktifkan sebagai PS4 Utama Anda'. Ini mungkin sudah diaktifkan, tetapi yang ingin Anda lakukan adalah mengklik 'Nonaktifkan'. Tekan 'Ya' ketika diminta.

3. Cadangkan data yang Anda simpan

Pada titik ini, jika bukan sebelumnya, Anda ingin membuat cadangan data Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan salah satu dari dua cara berikut:

Cadangkan ke perangkat eksternal

Anda dapat mencadangkan data ke perangkat penyimpanan USB yang diformat ke FAT atau exFAT.

  1. Hubungkan perangkat USB ke Playstation Anda
  2. Arahkan ke menu Pengaturan di PS4 Anda
  3. Klik 'Manajemen Data Tersimpan Aplikasi'
  4. Di sini Anda ingin memilih 'Data Tersimpan di Penyimpanan Sistem'
  5. Kemudian pilih 'Salin ke Perangkat Penyimpanan USB'
  6. Pilih file yang ingin Anda buat cadangannya. Anda dapat memilih lebih dari satu sekaligus dengan memilih 'Opsi' lalu 'Pilih Beberapa'.
  7. Lalu klik saja 'Salin'

Metode ini tidak akan mendukung trofi. Untuk melakukan itu, Anda harus menggunakan Jaringan Playstation.

Cadangkan data PS4 Anda menggunakan Playstation Plus Cloud:

Metode ini memerlukan langganan berbayar ke Playstation Plus, tetapi memberi Anda akses ke penyimpanan cloud 100 GB serta sejumlah manfaat lain seperti game gratis.

  1. Telusuri ke 'Pengaturan'
  2. Pilih 'Manajemen Data Tersimpan Aplikasi'
  3. Lalu pilih 'Pilih Unggah Otomatis'
  4. Pilih game yang ingin Anda unggah secara otomatis.

4. Masuk kembali dengan akun pengguna Anda

Setelah data Anda dicadangkan, dan PS4 Anda dinonaktifkan, Anda siap untuk menekan dan mengatur ulang PS4 ke setelan pabrik. Anda sudah keluar dari akun saat menonaktifkan PS4, jadi cukup masuk seperti biasa.

5. Temukan opsi Inisialisasi

Kembali ke menu Pengaturan, dan Anda akan menemukan opsi 'Inisialisasi'. Dari sini Anda akan disajikan dengan tiga pilihan. Anda menginginkan salah satu dari dua yang terbawah, tergantung pada situasi Anda. Ini adalah 'Kembalikan Pengaturan Default' atau 'Inisialisasi PS4'.

Pulihkan Pengaturan Default:  Meskipun ini mungkin tampak seperti opsi yang tepat, ini hanya akan menghapus pengaturan yang Anda simpan dan mengembalikan Playstation 4 Anda ke pengaturan pabrik. Itu tidak akan menghapus semua data di hard drive Anda.

Inisialisasi PS4:  Ini akan melakukan hal yang sama seperti di atas, tetapi juga menghapus sepenuhnya hard drive PS4 Anda. Artinya, ini akan menghapus game, menyimpan data, dan apa pun yang telah Anda unduh atau simpan ke PS4 Anda selama bertahun-tahun.

6. Pilih Penuh pada layar Inisialisasi

Untuk tujuan ini, kami menyarankan Anda memilih Inisialisasi. Setelah Anda mengkliknya, Anda akan memiliki dua opsi. Entah 'Cepat' atau 'Penuh'. Anda ingin memilih 'Penuh'. Ini akan menghapus semuanya dari PS4 Anda, jadi bagi orang yang ingin mengatur ulang PS4 Anda ke setelan pabrik, ini adalah opsi terbaik untuk Anda.

Penghapusan menyeluruh ini mungkin memakan waktu beberapa jam, tetapi setelah selesai, Anda akan memiliki PS4 yang benar-benar kosong, yang siap untuk pengguna baru. Ini adalah opsi terbaik saat Anda menjual PS4 atau mendaur ulangnya.

Posting Komentar untuk "Cara Factory Reset PS4 Dalam 6 Langkah"