Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki 'Koneksi Anda Tidak Aman' di Chrome

 Jika Anda pernah mengunjungi sebuah situs web dan melihat pesan mengkhawatirkan yang menyatakan, "Situs ini tidak aman," atau "Sambungan Anda tidak aman," ada beberapa metode sederhana untuk mendiagnosis masalah, mengukur tingkat risiko, dan segala potensi bahaya keamanan. 

Apa Artinya 'Koneksi Tidak Aman'?

Browser akan menampilkan kesalahan "koneksi tidak aman" ketika mereka tidak dapat memverifikasi sertifikat SSL situs web . SSL adalah metode enkripsi data aman yang menjaga privasi dan keamanan data yang dikirimkan. Jika browser mendeteksi masalah dengan sertifikat SSL suatu situs, browser tidak akan memuat situs tersebut karena mungkin tidak aman.


Meskipun semua ini terdengar sangat mengkhawatirkan, kemungkinan besar tidak ada yang salah.


Apa Penyebab Kesalahan Ini?

Banyak hal yang dapat menyebabkan kesalahan ini memperingatkan tentang koneksi yang tidak aman, beberapa di antaranya adalah masalah pada bagian situs.


Situs web mungkin memiliki sertifikat SSL yang sudah habis masa berlakunya, tidak ada sertifikat SSL, atau sertifikat yang tidak dikonfigurasi dengan benar. Menyiapkan sertifikat SSL itu sulit, terutama jika administrator situs membeli sertifikat yang lebih canggih, dan tidak semua orang selalu melakukannya dengan benar. Mungkin juga organisasi tepercaya tidak menerbitkan sertifikat tersebut.

Memecahkan Masalah Kesalahan Koneksi Tidak Aman

Tidak ada yang dapat Anda lakukan jika masalahnya ada di sisi situs web. Namun jika masalahnya berasal dari komputer atau perangkat Anda, ada beberapa perbaikan mudah untuk dicoba.

Muat ulang Halaman

Ini adalah opsi pemecahan masalah yang cepat dan mudah untuk dicoba. Tutup dan buka kembali browser Anda dan coba muat halaman itu lagi. Mungkin ada yang tidak beres dengan browser Anda, atau pemilik situs mungkin telah menerbitkan ulang sertifikat SSL-nya.

Perbarui Browser Anda

Browser yang ketinggalan jaman mungkin memiliki lubang keamanan yang dapat diperbaiki dengan pembaruan. Periksa apakah Anda menggunakan browser versi terbaru dengan mengunjungi situs web utama browser. Unduh pembaruan apa pun yang tersedia.

Hapus Cache dan Cookie Browser Anda

Menghapus cache  dan cookie browser Anda adalah metode pemecahan masalah cepat dan mudah lainnya yang dapat menyelesaikan masalah.

Gunakan Pemeriksa Sertifikat SSL

Pemeriksa sertifikat SSL pihak ketiga, seperti SSL Server Test , akan memberi tahu Anda segalanya tentang situs yang ditandai, mulai dari alamat IP, penerbit sertifikat, hingga masa berlaku sertifikatnya. Apa yang Anda temukan akan memberi tahu Anda apakah masalah situs tersebut sederhana atau lebih rumit.


Gunakan HTTPS Di Mana Saja

Jika pemeriksaan di atas hanya menunjukkan kesalahan kecil pada situs yang Anda kenal dan biasanya memiliki sertifikat yang valid, lakukan tindakan pencegahan cepat sebelum melanjutkan seperti biasa. Untuk komputer desktop yang menjalankan Firefox, Chrome, atau Opera, instal ekstensi HTTPS Everywhere untuk memastikan semua koneksi Anda dienkripsi. Dengan cara ini, meskipun sertifikatnya tidak sama persis, Anda tetap memiliki koneksi terenkripsi.


Periksa software Antivirus Anda

Seiring dengan semakin canggihnya perangkat lunak antivirus, ia menambahkan fitur-fitur baru untuk melindungi dari ancaman terbaru. Salah satu fitur tersebut adalah firewall yang memblokir situs yang tidak diamankan dengan SSL. Meskipun hal ini biasanya bagus, terkadang hal ini dapat menimbulkan konflik dengan pengaturan jaringan Anda dan secara keliru memblokir beberapa sertifikat dan koneksi SSL.


Untuk mengetahui apakah ini masalahnya, coba nonaktifkan sementara fitur pemindaian SSL perangkat lunak antivirus Anda.


Periksa Tanggal dan Waktu Komputer Anda

Tanggal dan waktu yang salah disetel pada perangkat Anda dapat mencegah browser Anda memverifikasi sertifikat SSL situs yang Anda kunjungi. Ini karena ketika browser memeriksa tanggal kedaluwarsa sertifikat SSL, browser membandingkannya dengan waktu di jam komputer Anda. Lihatlah tanggal dan waktu komputer Anda untuk memastikan keakuratannya.

penting - Pastikan Anda telah mengetikkan URL situs dengan benar. Kesalahan ketik kecil apa pun dapat mengakibatkan situs salah mencoba memuat, yang dapat menyebabkan kesalahan "koneksi tidak aman".

Selamat mencoba.  

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki 'Koneksi Anda Tidak Aman' di Chrome"