Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Crash Terus Di HP Android

 “WhatsApp terus berhenti” di Android adalah salah satu masalah paling membuat frustrasi yang pernah Anda alami di ponsel Anda. Bukan karena aplikasi lain, namun WhatsApp hanyalah aplikasi Pesan Instan yang diandalkan kebanyakan orang untuk terhubung dengan teman dan keluarga. Dan ketika masalah WhatsApp “crash” atau “stop” kini merajalela di ponsel Android Anda, ada beberapa cara untuk mengatasinya.


Coba solusi jelas di bawah ini untuk memperbaiki WhatsApp tidak berfungsi di ponsel Anda. Pastinya, Anda akan dapat terhubung kembali dengan teman-teman Anda setelah mengikuti solusinya!

Metode 1. Restart WhatsApp Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika WhatsApp terus mogok di ponsel Android Anda adalah memulai ulang. Mudah-mudahan, ini hanya masalah kecil yang dapat Anda perbaiki dengan memulai ulang WhatsApp. Yang Anda perlukan hanyalah menghentikan paksa WhatsApp dan meluncurkannya kembali. Berikut cara melakukannya:

  • Luncurkan Pengaturan di ponsel Android Anda.
  • Temukan dan pilih Aplikasi & Pemberitahuan .
  • Pilih Info aplikasi untuk melihat semua aplikasi (Beberapa perangkat mungkin menyatakannya sebagai Kelola aplikasi; Lihat semua aplikasi, dll.)
  • Sekarang, cari dan klik WhatsApp di daftar aplikasi .
  • Terakhir, ketuk Paksa berhenti untuk menutup WhatsApp . Luncurkan kembali untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Metode 2. Sekarang Restart Ponsel Anda

Jika WhatsApp terus menutup, bahkan setelah memulai ulang, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memulai ulang ponsel Anda sendiri. Pertama, mari kita bertanya, "Kapan terakhir kali Anda me-restart telepon Anda?" Memulai ulang ponsel Anda telah dipercaya sejak lama untuk memperbaiki sebagian besar masalah terkait perangkat lunak dan perangkat keras. Dan sekarang WhatsApp Anda terus mogok di Android, Memulai ulang ponsel Anda dapat memperbaikinya.

Berikut dua cara untuk me-restart telepon Anda jika Anda tidak menyadarinya.

  • Tahan tombol Daya di ponsel Anda, dan ketuk Mulai Ulang . Beberapa ponsel mungkin mengharuskan Anda menggeser untuk memulai ulang. Anda akan melihat pedomannya di sana.
  • Untuk memaksa memulai ulang ponsel Anda, tahan tombol Daya selama sekitar 8 hingga 10 detik hingga Anda melihat logo Android.
  • Coba luncurkan WhatsApp setelah me-reboot ponsel Anda untuk melihat apakah itu berfungsi.

Sementara itu, selalu luangkan waktu untuk me-restart ponsel Anda secara rutin.

Metode 3. Perbarui WhatsApp dan Ponsel Anda

Pembaruan aplikasi dan sistem berperan besar dalam menjaga pengalaman pengguna Anda di Android, dan itu bisa menjadi satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan ketika WhatsApp terus berhenti di ponsel Anda.

Meskipun banyak orang tidak menyukai pembaruan aplikasi dan sistem, terutama ketika mereka tidak melihat perubahan visual apa pun setelah pembaruan. Namun kami dapat meyakinkan Anda bahwa pembaruan sangat berkaitan dengan pengenalan fitur baru saja. Pengembang aplikasi dan OEM melakukan pembaruan secara berkala untuk memperbaiki bug perangkat lunak, meningkatkan keamanan, meningkatkan kinerja, dan lain-lain.

Jadi, sekarang WhatsApp Anda terus ditutup, Anda perlu memeriksa pembaruan WhatsApp dari Play Store dan memperbarui telepon Anda dari pengaturan sistem. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

Perbarui WhatsApp dari Play Store:

  • Buka laci aplikasi Anda dan luncurkan Play Store.
  • Ketuk bilah Pencarian di antarmuka Play Store dan cari WhatsApp.
  • Ketuk WhatsApp Messenger dari hasil pencarian. Jika Anda melihat "Pembaruan" di bawahnya, itu berarti Anda memiliki pembaruan yang tertunda.
  • Ketuk tombol Perbarui dan tunggu beberapa detik untuk menginstal pembaruan.

Setelah menginstal pembaruan, cukup hentikan paksa WhatsApp atau Mulai ulang ponsel Anda untuk menerapkan pembaruan. Sekarang, luncurkan WhatsApp untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik.

Perbarui ponsel Anda dari Pengaturan:

  • Luncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.
  • Gulir ke bawah dan pilih Sistem .
  • Ketuk Pembaruan Sistem dan ikuti panduan di layar untuk memeriksa pembaruan. Instal pembaruan pada ketersediaan dan mulai ulang ponsel Anda.

Metode 4. Hapus Data Cache WhatsApp

Setiap aplikasi di Android menggunakan sistem cache untuk menyimpan beberapa data sementara, terutama untuk menyempurnakan aplikasi dan membuatnya menggunakan lebih sedikit sumber daya. Namun cache juga bisa menyebabkan WhatsApp terus berhenti ketika rusak atau tidak diperlukan. Cara paling pasti untuk mengatasinya adalah dengan menghapus data cache WhatsApp di ponsel Anda, dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

  • Luncurkan Pengaturan di ponsel Android Anda.
  • Gulir ke bawah sedikit dan pilih Aplikasi & Pemberitahuan .
  • Pilih Info aplikasi untuk melihat semua aplikasi; beberapa perangkat mungkin menyatakannya sebagai Kelola aplikasi; Lihat semua aplikasi, dll.
  • Temukan dan pilih WhatsApp pada daftar aplikasi.
  • Sekarang, klik Penyimpanan & Cache .
  • Terakhir, ketuk Hapus Cache .
  • Catatan: Jangan ketuk Hapus Penyimpanan sekarang, agar riwayat obrolan WhatsApp Anda tidak hilang!

Metode 5. Kosongkan Ruang Penyimpanan Ponsel Anda

Menjaga ponsel Anda dalam kondisi prima mengharuskan Anda memiliki ruang penyimpanan kosong yang cukup di ponsel Android Anda. Anda mungkin tidak dapat mengakses fungsi tertentu jika ponsel Anda kehabisan ruang penyimpanan. Dan untuk memastikan WhatsApp tidak berhenti terus-menerus, buka Pengaturan > Penyimpanan untuk memeriksa penyimpanan ponsel Anda. Jika Anda memiliki ruang penyimpanan kosong kurang dari 1 GB, sebaiknya kosongkan ruang penyimpanan Anda.

Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, menonton video, file sampah, dll. Pastikan saja penyimpanannya kosong.

Metode 6. Setel ulang aplikasi

Menyetel ulang preferensi aplikasi adalah cara lain untuk memperbaiki WhatsApp terus berhenti di ponsel Android Anda. Melakukan hal ini akan mengembalikan pengaturan default untuk aplikasi Anda, namun Anda tidak akan kehilangan data apa pun. Akan berguna jika sebelumnya Anda telah mengubah beberapa pengaturan yang menyebabkan masalah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur ulang preferensi aplikasi di ponsel Anda.

  • Luncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel Anda dan gulir ke bawah
  • Pilih Sistem.
  • Klik pada opsi Reset .
Ketuk dengan hati-hati Setel ulang preferensi aplikasi dan konfirmasikan tindakannya.
Sekarang restart ponsel Anda dan coba gunakan WhatsApp lagi. Jika masih tidak berhasil, coba solusi terakhir di bawah ini.

Metode 7. Instal ulang WhatsApp di Ponsel Anda

Mencoba semua solusi di atas berarti Anda sudah cukup mencoba untuk memperbaiki masalah tersebut, namun bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan WhatsApp lagi jika terus mogok. Solusi terakhir Anda perlu mencoba menghapus dan menginstal WhatsApp lagi. Mungkin WhatsApp di ponsel Anda rusak, dan satu-satunya jalan keluar adalah memulai dari awal. Prosesnya akan menghapus data WhatsApp, tetapi Anda akan dapat memulihkan obrolan jika Anda melakukan pencadangan.

Jadi, sebelum Anda menghapus WhatsApp di ponsel Anda, pastikan Anda mencadangkan obrolan Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut dan mempelajari lebih lanjut.

  • Buka WhatsApp di ponsel Android Anda.
  • Pada antarmuka, klik tombol 3 titik di kanan atas dan pilih Pengaturan.
  • Klik Obrolan , diikuti oleh Cadangan Obrolan.
  • Ketuk tombol Cadangan berwarna hijau untuk membuat cadangan lokal. Anda tidak perlu khawatir tentang cadangan cloud untuk saat ini. Anda tidak akan kehilangan data setelah membuat cadangan lokal.
Sekarang, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal ulang WhatsApp setelah mencadangkan Obrolan Anda.

  • Luncurkan Play Store di ponsel Anda dan cari WhatsApp.
  • Pada antarmuka pengunduhan WhatsApp di Play Store, ketuk tombol Uninstall untuk menghapus WhatsApp.
  • Tunggu beberapa detik, lalu ketuk Instal untuk menginstal ulang WhatsApp.

Luncurkan WhatsApp setelah proses instalasi ulang dan ikuti panduan di layar untuk mengatur WhatsApp Anda. Anda akan menerima konfirmasi untuk memulihkan cadangan lokal; ketuk Pulihkan untuk memastikan Anda tidak kehilangan data Anda. WhatsApp seharusnya berfungsi normal sekarang jika tidak ada yang salah dengan ponsel Anda.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Crash Terus Di HP Android"