Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemanakah air yang kita minum mengalir? Ini dia jawabannya

 

Credit gambar - Thinkstockphotos

Salah satu manfaat air putih untuk kesehatan tubuh adalah membantu proses metabolisme. Namun, sebelum tubuh memanfaatkannya, air putih akan melalui proses pencernaan terlebih dahulu, salah satunya di lambung.

Untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai habis. 

Nah, berikut ini urutan perjalanan air di dalam tubuh. 

  1. Pertama, saat minum air akan mengalir ke lambung untuk di cerna.
  2. Lalu yang kedua, air masuk melalui pembuluh kapiler ke dalam darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh.
  3. Setelah itu, tahap ketiga, air membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, saat air sampai di paru-paru, akan terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida.
  4. Proses selanjutnya, yang kempat, terjadi pada organ hati. Pada tahap ini, air akan membantu proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
  5. Proses yang terakhir, yang kelima, air menuju ginjal. Pada tahap ini, air membantu ginjal dalam proses penyaringan zat sisa untuk dikeluarkan bersama air seni (urine).
Air yang dikonsumsi setiap hari akan bertahan di dalam tubuh selama 10 hari yang kemudian akan dikeluarkan melalui urine, keringat, uap pernapasan dan tinja.


Nah, melihat perjalanan air dalam tubuh dan waktu yang cukup lama berada di dalam tubuh, maka harus benar-benar diperhatikan air yang diminum memiliki kualitas yang baik.


Menurut Dr Parlin, air minum yang sehat haruslah memenuhi syarat sebagai berikut:


  1. Jernih
  2. Tidak berasa
  3. Tidak berbau
  4. Kandungan kuman rendah
  5. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium harus rendah.


"Air minum apa saja bisa, entah dari sumur pompa lalu dimasak atau air isi ulang, yang penting harus memenuhi syarat air minum yang bisa dikonsumsi. Kandungan mineralnya juga harus diperhatikan karena air yang mengandung magnesium sangat berpengaruh pada terbentuknya batu ginjal," tutur Dr Parlin.

Posting Komentar untuk "Kemanakah air yang kita minum mengalir? Ini dia jawabannya"