Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Kesalahan Privasi di Chrome

 

Chrome adalah browser web populer, yang dikembangkan oleh Google. Terkadang, Anda mungkin menemukan pesan saat mengakses halaman web di Chrome yang menyatakan, "Sambungan Anda tidak pribadi". Pesan tersebut memperingatkan bahwa penyerang mungkin mencoba mencuri informasi Anda. Meskipun ini terdengar mengkhawatirkan, kemungkinan besar tidak ada yang salah.

Artikel ini menjelaskan apa yang dapat menyebabkan kesalahan ini dan cara memperbaikinya agar dapat kembali menjelajah.

Penyebab Kesalahan Privasi di Chrome

Chrome mengembalikan kesalahan privasi ini ketika tidak dapat memverifikasi sertifikat SSL situs yang ingin Anda jangkau. SSL adalah metode enkripsi data aman yang menjaga privasi dan keamanan data yang dikirimkan. Chrome tidak akan memuat situs web karena dianggap tidak aman.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kesalahan SSL ini. Situs tersebut mungkin memiliki sertifikat SSL yang kedaluwarsa, sertifikat yang tidak dikonfigurasi dengan benar, atau sertifikat yang tidak dikeluarkan oleh organisasi tepercaya. Mungkin ada masalah dengan ekstensi Chrome, perangkat lunak antivirus, atau setelan di komputer Anda.

Cara Memperbaiki Kesalahan Privasi di Chrome

Tidak ada yang dapat Anda lakukan jika masalahnya ada di sisi situs. Namun, jika masalahnya berasal dari komputer atau perangkat Anda, ada beberapa perbaikan mudah yang dapat dicoba.

  1. 1Lihat apakah sertifikat SSL situs telah kedaluwarsa . Jika sertifikat SSL situs web kedaluwarsa atau tidak valid, Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk memperbaiki kesalahan privasi Chrome karena itu adalah kesalahan situs. Namun, Anda dapat mengirim email ke pemilik situs untuk memberi tahu mereka.

  2. 2. Muat ulang halaman. Ini adalah opsi pemecahan masalah yang cepat dan mudah. Tutup dan buka kembali browser Chrome Anda dan muat kembali halaman tersebut. Mungkin ada yang tidak beres dengan browser Anda, atau pemilik situs mungkin telah menerbitkan ulang sertifikat SSL-nya.

  3. 3. Masalah jaringan Wi-Fi publik . Saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, seperti di restoran atau bandara, Anda mungkin menerima kesalahan privasi Chrome jika masuk ke situs web sebelum menerima persyaratan dan perjanjian lokasi. Navigasikan ke situs non-SSL, dan halaman masuk akan terbuka. Coba situs web itu lagi dan lihat apakah ini menyelesaikan masalah.

  4. 4. Hapus cache dan cookie browser . Menghapus cache dan cookie browser adalah metode pemecahan masalah cepat dan mudah lainnya yang dapat menyelesaikan masalah.

  5. 5. Buka halaman dalam mode Penyamaran. Di komputer PC atau Mac, buka halaman di jendela Samaran. Jika laman terbuka, kemungkinan ekstensi Chrome tidak berfungsi dengan benar. Nonaktifkan ekstensi dan buka kembali halaman secara normal.

    1. 6. Periksa tanggal dan waktu komputer . Tanggal dan waktu yang salah ditetapkan pada perangkat Anda dapat mencegah Chrome memverifikasi sertifikat SSL situs yang Anda kunjungi. Hal ini karena saat Chrome memeriksa tanggal kedaluwarsa sertifikat SSL, Chrome membandingkannya dengan waktu di jam komputer.

    2. 7. Nonaktifkan software antivirus. Seiring dengan semakin canggihnya software antivirus, ia menambahkan fitur-fitur baru untuk melindungi dari ancaman terbaru. Salah satu fitur tersebut adalah firewall yang memblokir situs yang tidak diamankan dengan SSL. Meskipun hal ini biasanya bagus, terkadang hal ini dapat menimbulkan konflik dengan pengaturan jaringan Anda dan secara keliru memblokir beberapa sertifikat dan koneksi SSL. Untuk mengetahui apakah ini masalahnya, nonaktifkan sementara fitur pemindaian SSL pada software antivirus.

      1. 8. Lanjutkan ke situs web. Jika Anda merasa yakin bahwa kesalahan ada di pihak situs web, dan situs web tersebut dikenal serta tepercaya, ada kemungkinan situs tersebut diakses dengan koneksi yang tidak aman. Untuk melakukannya, pilih tautan Lanjutan di bagian bawah kotak kesalahan, lalu pilih Lanjutkan ke situs web . Ini tidak akan menyelesaikan masalah pesan kesalahan dan hanya boleh dilakukan jika Anda yakin situs web tersebut aman.

        • Bagaimana cara menambahkan Google Chrome ke pengaturan Keamanan & Privasi Mac saya?

          Di sudut kiri atas, pilih ikon Apple > System Preferences . Dari sana, pilih Keamanan & Privasi > Privasi > pilih layanan yang ingin Anda aktifkan di Chrome. Di panel kanan, gulir daftar dan pilih Google Chrome .

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kesalahan Privasi di Chrome"