Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Smarthone Atau Tablet: Mana yang Cocok untuk Gaming?

 Bingung antara menggunakan Smartphone atau membeli tablet game untuk kebutuhan game seluler Anda? Kami akan membantu Anda memutuskan.


Game seluler telah membuktikan dirinya sebagai bisnis yang serius dan bukan hanya sesuatu yang bisa diabaikan. Baik Anda seorang gamer yang kompetitif atau ingin mendalaminya, memilih perangkat yang tepat sangatlah penting untuk pengalaman bermain game Anda.

Kami di sini untuk membandingkan game ponsel dan tablet, sehingga Anda dapat memilih mana yang cocok untuk Anda.

Ponsel vs Tablet Gaming: kontrol Jempol dan Ujung Jari

Credit - Idn Times


Ada dua cara utama untuk mengontrol sebagian besar game seluler. Meskipun keduanya memiliki kesamaan dalam menyentuh layar, cara Anda menyentuh layarlah yang akan membuat perbedaan.

Jika Anda sedang bermain game tembak-menembak seperti PUBG atau Call of Duty versi seluler, kemungkinan besar Anda akan menggunakan ibu jari untuk mengontrol pergerakan dan bidikan karakter saat bermain game. Jika Anda menggunakan ibu jari Anda dengan cara ini, perangkat yang lebih kecil akan lebih baik untuk Anda dan sebaiknya gunakan telepon.

Anda juga dapat mempelajari cara menggunakan pegangan sehingga Anda dapat menggunakan jari-jari Anda yang lain selain ibu jari untuk memberikan keunggulan. 

Claw grip bukan hanya untuk ponsel, karena ada banyak pemain PUBG dan Call of Duty terampil yang menggunakannya di tablet. Satu-satunya faktor penting adalah mereka sebagian besar perlu menggunakan meja untuk menyalakan tablet. Namun, tablet lebih cocok untuk permainan yang menggunakan ujung jari seperti permainan ritme.

Tablet membuat permainan ritme lebih mudah dimainkan karena targetnya menjadi lebih besar, sehingga lebih mudah dilihat dan dicapai. Tablet juga kurang rentan untuk bergerak ketika mengenai target dengan kecepatan tinggi, terutama dengan permainan ritme yang memiliki penggeser.

Game Ponsel vs Tablet: Game Kompetitif atau Santai?

Daya saing terutama bergantung pada dua hal: Anda, dan game yang Anda mainkan. Anda dapat memainkan permainan kompetitif dengan santai, tetapi Anda juga dapat menganggapnya serius, sebisa mungkin tidak mengganggu kinerja Anda.

Untuk permainan yang lebih santai, perangkat yang Anda mainkan akan lebih bergantung pada kenyamanan Anda. Jika suatu permainan lebih mudah dan nyaman dimainkan di ponsel, maka Anda harus tetap menggunakannya. Namun, beberapa game lebih bersifat visual, dan menggunakan tablet akan membuat Anda lebih menikmati visual tersebut dibandingkan dengan ponsel.

Untuk permainan dan pemain kompetitif, Anda sebaiknya menggunakan perangkat yang membuat Anda tampil lebih baik. Misalnya sebagian besar pemain profesional Mobile Legends, Wild Rift, bahkan PUBG lebih suka menggunakan ponsel untuk bermain. Hal ini terutama karena hal ini mengurangi waktu yang diperlukan untuk mencapai suatu tindakan karena terlambat beberapa milidetik dapat menempatkan Anda pada kerugian besar.

Ponsel vs Tablet Gaming

Jika Anda suka terhanyut dalam permainan dan merasa seperti ada di sekitar Anda, tidak ada salahnya memilih tablet karena tablet lebih menyita penglihatan Anda.

Tablet sangat imersif karena biasanya memiliki speaker yang kuat, terlebih lagi jika tablet tersebut memiliki speaker stereo. Anda tidak memerlukan headphone karena suara dari speaker dapat dengan mudah mengelilingi telinga Anda, sehingga memberikan pengalaman yang luar biasa.

Namun, satu hal yang bisa dilakukan ponsel yang bisa dibilang lebih imersif dibandingkan tablet adalah VR. Jika Anda memiliki headset VR yang dapat dimasukkan ke dalam ponsel, Anda dapat memainkan game VR yang menyenangkan ini untuk ponsel cerdas Anda dan menjadi lebih mendalam daripada apa pun yang dapat diberikan tablet kepada Anda. Satu-satunya batasan adalah mabuk perjalanan dan terbatasnya jumlah game yang ada di VR seluler.

Game Ponsel vs Tablet: Di Rumah atau Saat Dalam Perjalanan?

Tempat Anda bermain game akan memainkan peran penting lainnya dalam menentukan perangkat apa yang paling cocok untuk Anda. Ini mengharuskan Anda menilai sendiri skenario apa yang biasanya Anda mainkan-atau setidaknya Anda ingin bermain.

Saat Anda selalu berada di luar, telepon mungkin merupakan pilihan terbaik karena mudah dibawa kemana-mana. Namun, tidak selalu demikian; Jika Anda selalu memiliki akses ke meja seperti di ruang kerja bersama, Anda selalu dapat bermain di tablet saat sedang istirahat. Anda akan lebih banyak menggunakan tablet saat membuat catatan dan melakukan pekerjaan.

Namun di rumah, menggunakan tablet cukup menyenangkan. Jika Anda memiliki PC gaming, Anda bahkan dapat menggunakan Steam Link untuk melakukan streaming game ke tablet dan menikmati game PC di tempat tidur Anda. Jika Anda bukan seorang gamer Steam, Anda selalu dapat menggunakan GlosSI untuk memainkan game Xbox Game Pass di Steam Link . Ingatlah bahwa beberapa game mungkin masih lebih baik di ponsel meskipun berada di rumah.

Mana yang Harus Anda Pilih untuk Game Seluler?

Tidak ada jawaban pasti mengenai perangkat apa yang sebaiknya Anda gunakan untuk bermain game seluler. Namun, dengan informasi yang kami berikan di atas, kami akan membantu Anda mengambil keputusan yang terbaik bagi Anda.

Anda mungkin sudah memiliki ponsel cerdas jadi jika Anda memahami apa yang kami katakan tentang tablet dan memutuskan bahwa itu sepadan, Anda harus memeriksa tablet game terbaik jika Anda memerlukan bantuan untuk mencarinya.

Namun, jika Anda tidak berada dalam situasi di mana Anda dapat sering menggunakan tablet, Anda mungkin sebaiknya menahan diri dan membeli ponsel yang lebih baik untuk bermain game. Bermain game di smartphone sangatlah menyenangkan, dan bahkan ideal untuk banyak game kompetitif seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Wild Rift, dan banyak lagi.

Mainkan Game Favorit Anda di Perangkat Favorit Anda

Game yang Anda mainkan akan memengaruhi perangkat mana yang terbaik, namun ada banyak gamer di luar sana yang menikmati game mereka dan bahkan bermain bagus di perangkat apa pun yang mereka miliki. Namun, membeli perangkat baru mungkin juga membukakan Anda lebih banyak permainan; game yang mungkin terlalu menuntut untuk perangkat Anda saat ini. 

Kami berharap panduan ini membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk diri sendiri dan akan meningkatkan pengalaman bermain game Anda.

Posting Komentar untuk "Smarthone Atau Tablet: Mana yang Cocok untuk Gaming?"