Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fitur Terbaik Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

 Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro menawarkan lebih dari sekadar peningkatan spesifikasi. Lihatlah semua fitur yang mereka hadirkan.

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro adalah ponsel cerdas terbaru dari Google, dan keduanya hadir dengan banyak peningkatan baru lebih dari sekadar peningkatan spesifikasi berulang. Ponsel ini juga sedikit lebih mahal dibandingkan pendahulunya, masing-masing seharga $699 dan $999.

Di sini, kami akan mencantumkan fitur-fitur baru dari Pixel 8 dan Pixel 8 Pro dan melihat bagaimana fitur-fitur tersebut membantu meningkatkan pengalaman ponsel cerdas Anda dan apakah fitur-fitur tersebut layak untuk ditingkatkan.

1. Desain dan Warna Baru

Hal pertama yang akan Anda perhatikan tentang seri Pixel 8 adalah desain barunya dengan sudut lebih membulat dan jalur warna baru. Google menawarkan Pixel 8 seharga $699 dalam warna Hazel, Rose, dan Obsidian, sedangkan Pixel 8 Pro seharga $999 hadir dalam pilihan Bay, Porcelain, dan Obsidian.

Berbeda dengan Pixel 7 Pro, yang memiliki wadah terpisah untuk lensa telefotonya, Pixel 8 Pro menggabungkan ketiga kamera belakangnya dalam satu wadah.

Pixel 8 memiliki bagian belakang glossy dengan Gorilla Glass Victus di bagian depan dan belakang, dan Pixel 8 Pro memiliki bagian belakang matte dengan perlindungan Gorilla Glass Victus 2 yang lebih kuat. Jika Anda bertanya-tanya, ini adalah varian Gorilla Glass yang sama yang digunakan pada Samsung Galaxy S23 Ultra .

2. Dukungan software hingga Tujuh Tahun

Seri Pixel 8 menawarkan dukungan software selama tujuh tahun dalam bentuk pembaruan OS utama, patch keamanan, dan Penurunan Fitur Pixel — lebih dari apa yang ditawarkan merek ponsel Android besar lainnya saat ini. Kerja bagus, Google!

Tentu saja, Anda mungkin tidak akan menyimpan ponsel Anda selama tujuh tahun, tetapi ini tentu lebih baik daripada pembaruan OS empat tahun yang ditawarkan Samsung. Dukungan perangkat lunak yang lebih lama berarti Anda tidak perlu membeli ponsel Android baru untuk merasakan fitur-fitur baru.

3. Chip Keamanan Tensor G3 dan Titan M2

Seri Pixel 8 hadir dengan chip Google Tensor G3 4nm yang baru dan lebih baik, sehingga Anda dapat mengharapkannya menjadi lebih bertenaga, efisien, dan cerdas dibandingkan pendahulunya, sehingga menghasilkan multitasking yang lebih baik, masa pakai baterai yang lebih lama, dan kegunaan keseluruhan yang lebih baik.

Dengan Tensor G3, Google juga menjanjikan fitur foto dan video yang lebih mutakhir, Clear Calling yang lebih baik untuk panggilan telepon definisi tinggi, kualitas audio dan video yang lebih baik, dan peningkatan perangkat lunak lainnya.

Namun, jangan berharap Tensor G3 dapat bersaing dengan Snapdragon 8 Gen 2 atau chip A17 Pro milik Apple. Tensor Google lebih ditujukan untuk meningkatkan kemampuan AI dan pembelajaran mesin seperti algoritme gambar, pemrosesan bahasa alami, terjemahan langsung, dan banyak lagi.

Perangkat ini juga dilengkapi chip keamanan khusus Google Titan M2, yang menambahkan lapisan keamanan hardware ekstra untuk menjaga privasi pribadi Anda.

4. Night sight untuk Video

Night Sight adalah fitur fotografi malam yang pertama kali diperkenalkan Google dengan Pixel 3, mengubah foto Anda dalam kondisi cahaya rendah menjadi lebih cerah, lebih detail, tidak buram, dan akurat warna.

Sejauh ini, fitur tersebut hanya tersedia untuk foto malam hari, namun dengan seri Pixel 8, Google akhirnya menghadirkan Night Sight ke video untuk membantu mempercantik rekaman Anda dalam cahaya redup. Kami akan menunggu pengulas menguji fitur ini untuk melihat seberapa bagus fitur ini.

5. Sensor Suhu Baru

Ada sensor suhu inframerah baru pada pelindung kamera logam Pixel 8 Pro. Anda dapat menggunakannya untuk memantau suhu tubuh Anda dan memperingatkan jika terjadi penurunan suhu secara tiba-tiba yang mungkin mengindikasikan masalah kesehatan.

Anda juga dapat menggunakannya untuk mengetahui suhu benda dengan cepat seperti minuman atau peralatan masak dengan memindainya sehingga Anda mengetahui apakah benda tersebut aman untuk disentuh.

6. Opsi Penyimpanan 1TB

Pixel 8 Pro juga memiliki opsi penyimpanan 1TB untuk pengguna tingkat lanjut, gamer, atau pembuat konten karena mengunduh banyak game dan film serta mengambil foto dan video beresolusi tinggi akan menghabiskan ruang penyimpanan dengan cepat. Sayangnya, Google tidak menawarkan opsi penyimpanan 1TB untuk Pixel 8 standar.

Kedua perangkat juga dimulai dengan penyimpanan dasar 128GB, tidak seperti Galaxy S23 Ultra atau iPhone 15 Pro Max, yang keduanya dimulai dengan penyimpanan dasar 256GB.

7. Kecerahan Lebih Tinggi

Perangkat ini juga menampilkan tampilan yang lebih cerah dibandingkan pendahulunya; Pixel 8 mencapai 2.000 nits sedangkan Pixel 8 Pro mencapai kecerahan puncak 2.400 nits, menjadikannya salah satu ponsel Android paling terang di luar sana.

Yang jelas, penggunaan di luar ruangan pada seri Pixel 8 tidak akan menjadi masalah. Sebagai referensi, iPhone 15 Pro Max mampu mencapai kecerahan puncak 2.000 nits, sedangkan S23 Ultra hanya mampu mencapai 1.750 nits.

8. Peningkatan kamera utama

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro juga mendapatkan peningkatan untuk kamera kamera utamanya. Keduanya berbagi sensor utama 50MP f/1.68, namun Pixel 8 memiliki lensa ultrawide 12MP f/2.2, sedangkan Pixel 8 Pro memiliki lensa ultrawide 48MP f/1.95 dan lensa telefoto 48MP f/2.8 dengan optik 5x dan hybrid 30x. Perbesar.

Google juga telah menambahkan serangkaian fitur perangkat lunak praktis untuk kamera Pixel . Misalnya, Audio Magic Eraser memungkinkan Anda menghilangkan kebisingan latar belakang yang mengganggu dari video tersimpan sehingga Anda dapat fokus pada apa yang sebenarnya ingin Anda dengarkan.

Mirip dengan Photo Unblur, Video Unblur kini memungkinkan Anda membuat video lama Anda jelas dan detail sehingga Anda dapat menghidupkan kembali kenangan itu dalam definisi tinggi. Anda juga dapat melakukan pengeditan seperti Photoshop pada foto Anda dalam hitungan detik berkat fitur pengeditan generatif bertenaga AI yang disebut Magic Editor, yang dipamerkan Google di I/O 2023 .

Kesimpulan

Peningkatan ponsel cerdas dalam beberapa tahun terakhir biasanya bersifat berulang, tetapi seri Pixel 8 tampaknya lebih dari sekadar peningkatan spesifikasi. Dengan desain baru, chip Tensor G3, hardware kamera baru, banyak fitur software baru, dukungan perangkat lunak selama tujuh tahun, Night Sight untuk video, dan sensor suhu baru, sulit untuk menolak membeli Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. 

Posting Komentar untuk "8 Fitur Terbaik Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro"