Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Reset Pabrik ( Factory Reset) Komputer Windows Anda

 Reset pabrik adalah solusi utama untuk banyak masalah Windows. Jika komputer Anda jauh lebih lambat dari sebelumnya, Anda terkena infeksi malware yang tidak dapat Anda hapus, atau berencana menjual mesin Anda, reset adalah pilihan yang paling tepat.



Bergantung pada pengaturan dan versi Windows yang diinstal, Anda memiliki beberapa cara berbeda untuk mengatur ulang laptop atau desktop Windows ke setelan pabrik. Kami akan menunjukkan cara mereset komputer Windows 11, 10, 8, atau 7 semudah mungkin.

Sebelum Anda Reset Windows, Pastikan Anda Melakukan Back Up!

Sebelum kita melihat cara mereset ulang Windows, Anda harus memastikan Anda memiliki cadangan data terbaru. Melakukan reset pabrik akan menghapus semua program yang sudah Anda install, dan dalam beberapa kasus, Semua file Anda akan terhapus.

Pastikan Anda mengetahui apa yang harus dicadangkan dari komputer Anda , lalu lihat cara mencadangkan PC Windows Anda ke cloud . Setelah Anda memiliki salinan aman semuanya, Anda dapat melanjutkan dengan menginstall ulang Windows.

1. Cara Factory Reset Windows 10 atau Windows 11 Menggunakan Metode Bawaan

Menyetel ulang pabrik Windows dulunya merupakan proses yang merepotkan, tetapi Microsoft memperkenalkan cara yang lebih mudah untuk melakukannya di Windows 8. Ini juga disertakan di Windows 10 dan Windows 11, dan merupakan cara terbaik untuk menyetel ulang pabrik komputer Windows dalam banyak kasus.

Untuk mengakses opsi install ulang Windows ini di Windows 10, buka setting > update&security>recovery lihat header Reset this pc ; klik tombol Get Started di bawah ini untuk memulai.


Jika Anda menggunakan Windows 11, buka setting> system> recoveryKlik Reset PC di sebelah Reset this PC untuk memulai. Langkah-langkah dari sini sama untuk Windows 11 dan Windows 10.

Simpan File Anda atau Hapus Semuanya?

Anda akan memiliki dua opsi awal untuk dipilih saat melakukan reset pabrik Windows 10 atau 11 dengan cara ini: keep my file atau remove everything .

Memilih keep my file akan menyetel opsi OS Anda kembali ke default dan menghapus semua aplikasi yang Anda instal (seperti browser, Microsoft Office, dan game), namun tetap menyimpan file Anda (seperti dokumen dan musik).

Sesuai dengan namanya, Remove everything adalah pengaturan ulang pabrik penuh: ini mengembalikan semua opsi ke default pabrik dan menghapus file dan aplikasi Anda. Setelahnya, Windows akan seperti di komputer baru.

Meskipun opsi Keep my file menyimpan data pribadi Anda, Anda tetap harus membuat cadangan sebelum menggunakannya jika terjadi kesalahan.

Cloud download vs. local reinstall

Pada versi modern Windows 10, dan pada Windows 11, selanjutnya Anda harus memilih cara menginstal ulang Windows. Ada dua cara: cloud download atau local reinstall

local reinstall menggunakan file di sistem Anda saat ini untuk membuat salinan Windows yang baru. Meskipun ini menyelamatkan Anda dari keharusan mengunduh file apa pun dari internet, ini juga tidak akan berfungsi jika instalasi Windows Anda rusak.

Dengan Cloud download, prosesnya akan mengunduh salinan Windows baru dari Microsoft melalui internet. Tindakan ini akan menginstall ulang versi Windows 10 atau 11 yang sedang Anda jalankan (ditambah pembaruan kecil apa pun), sehingga tidak akan meningkatkan versi Anda ke pembaruan fitur yang lebih baru.

Mengunduh Windows memerlukan beberapa gigabyte data, jadi berhati-hatilah jika koneksi Anda terbatas. Namun, jika Anda memiliki koneksi internet yang cepat, opsi ini mungkin lebih cepat daripada instalasi ulang lokal.



Pilihan Saat Reset Windows 10 dan 11

Selanjutnya, Anda akan melihat menu additional setting yang memiliki bagian current setting , berisi ringkasan tentang apa yang telah Anda pilih untuk dilakukan sejauh ini. Ada juga tautan change setting yang dapat Anda klik untuk opsi lainnya.

Jika Anda memilih keep my files sebelumnya, Anda akan memiliki dua opsi di bawah change setting . Salah satunya adalah Download Windows beralih untuk cloud atau instal ulang lokal.

Yang lainnya muncul di Windows 11 dan versi terbaru Windows 10: restore preinstalled apps Matikan ini dan reset pabrik Anda tidak akan menyertakan aplikasi apa pun yang disertakan dengan pengaturan awal Anda. Menonaktifkannya adalah cara yang baik untuk menghindari bloatware Windows hardware Anda.

Ada pilihan tambahan saat Anda memilih Remove everything . Mengaktifkan clean data? akan menghapus semua yang ada di drive untuk mengurangi kemungkinan seseorang memulihkannya nanti. Meskipun proses ini memerlukan waktu, Anda harus menggunakannya jika Anda ingin membuang komputer Anda. Ini tidak perlu jika Anda menyimpan mesin Anda.

Aktifkan delete files from all drives? untuk menghapus semua yang ada di semua drive yang Anda sambungkan ke komputer Anda. Ini termasuk hard drive eksternal dan drive pemulihan. Karena Anda mungkin memiliki cadangan dan file penting lainnya di drive tersebut, Anda tidak boleh menggunakannya kecuali Anda ingin menghapus secara permanen semua yang terkait dengan komputer Anda.

Konfirmasikan Operasi Reset Pabrik Windows

Klik Konfirmasi jika Anda puas dengan opsi di atas. Layar terakhir sebelum Anda memulai reset pabrik berjudul Ready to reset this PC .

Anda akan melihat daftar tindakan yang akan dilakukan proses tersebut. Klik view apps that will be remove jika Anda ingin memeriksa ulang aplikasi mana yang terpengaruh oleh proses ini.

Terakhir, konfirmasikan pengoperasian dengan mengklik Reset , lalu tunggu hingga proses selesai. Jika Anda mereset laptop ke setelan pabrik, pastikan Anda mencolokkannya agar tidak kehilangan daya selama pengoperasian. Anda harus menjalani prosedur pengaturan Windows lagi setelah selesai.

Pastikan Anda mengambil langkah-langkah yang disarankan setelah menginstal ulang Windows 10 jika Anda tetap menggunakan OS tersebut.

2. Instal Ulang Windows Secara Manual Menggunakan Media Instalasi Windows

Jika Anda tidak menggunakan Windows 10 atau 11, ingin melakukan reset pabrik Windows 10 atau 11 tanpa menu Pengaturan, atau tidak ingin menggunakan metode lain di atas karena alasan tertentu, Anda selalu dapat melakukan reset pabrik Windows menggunakan media instalasi. Ini memungkinkan Anda untuk menginstal salinan baru Windows di komputer Anda dan menghapus semua yang ada di dalamnya.

Pengguna Windows 11 harus mengikuti panduan kami untuk membuat drive bootable Windows 11 , yang kemudian dapat Anda gunakan untuk menginstal salinan Windows baru.

Untuk Windows 10, lihat cara menginstal Windows 10 dari drive USB yang dapat di-boot Ini akan memandu Anda melalui proses memuat penginstal Windows 10 pada flash drive, mem-boot darinya, dan menghapus instalasi Anda saat ini dengan salinan baru. Ini gratis dan mudah, selama Anda memiliki drive USB cadangan.


Jika Anda ingin menginstal ulang Windows 8.1 dari awal, Anda dapat menggunakan alat pengunduhan Windows 8.1 dari Microsoft . Ini memungkinkan Anda mengunduh ISO untuk dibakar ke flash drive atau DVD sehingga Anda dapat menginstal ulang Windows. Cukup masukkan drive USB atau disk yang berisi media instalasi Anda, lalu boot dari perangkat yang dapat dilepas . Anda akan disambut dengan layar pengaturan Windows, yang dapat Anda lanjutkan untuk menginstal salinan bersih. Ingatlah bahwa melakukan ini akan menghapus semua yang ada di drive tempat Anda menginstal Windows.

Karena Windows 7 sudah tidak lagi didukung selama bertahun-tahun, Microsoft tidak lagi menawarkan unduhan resmi Windows 7. Kami menyarankan Anda meningkatkan ke versi Windows modern ; jangan mengunduh Windows 7 dari situs web sembarangan, karena mungkin berisi malware.

Perhatikan bahwa metode #1 di atas memungkinkan Anda menginstal ulang Windows secara efektif dengan cara yang sama tanpa membuat penginstal USB secara manual, sehingga jauh lebih nyaman.

3. Reset Pabrik Windows 10 atau 11 Dari Boot Menggunakan Metode Tingkat Lanjut

Meskipun metode yang tercantum di atas dapat digunakan untuk sebagian besar pengguna, ada beberapa cara lanjutan untuk mereset Windows, jika Anda memerlukannya.

Untuk menjalankan reset pabrik Windows dari boot (jika Anda tidak dapat masuk ke Windows secara normal, misalnya), Anda dapat memulai reset pabrik dari menu Advanced Startup .

Untuk meluncurkan menu ini jika Windows berfungsi dengan baik, pada Windows 10, kunjungi setting> update& security> recoveryDi bawah bagian Advanced startup , klik Restart now untuk melakukan boot ulang ke Advanced Startup. Di Windows 11, buka setting> Sistem > recoverydan klik restart now di samping advance Startup.

Alternatifnya, Anda dapat membuka menu Start dan memperluas menu daya di sana, lalu tahan tombol Shift sambil mengklik tombol Restart . Jika Anda tidak dapat melakukan salah satu dari ini, coba tekan F11 saat Anda boot, yang akan membuka Advanced Startup pada beberapa sistem. Jika gagal, Windows akan meluncurkan Advanced Startup sendiri setelah tiga kali booting gagal.

Setelah Advanced Startup terbuka, pilih Troubleshoot , lalu pilih Reset This PC untuk menjalani prosedur reset pabrik yang hampir sama seperti #1 di atas. Anda dapat memilih advance options untuk lebih banyak pilihan, tetapi tidak satupun yang memungkinkan Anda mengatur ulang pabrik Windows 10 atau 11 kecuali Anda memiliki citra sistem yang disimpan.


Jika tidak, Anda mungkin dapat melakukan booting ke BIOS dan langsung memuat partisi pemulihan pada hard drive Anda, jika pabrikan PC Anda menyertakannya. Namun, jika Anda melakukan reset pabrik dengan metode ini, Anda akan menginstal ulang semua bloatware pabrikan. Meskipun tidak ideal, ini bisa berhasil jika Anda tidak punya pilihan lain.

Anda juga dapat mengetikkan "buat drive pemulihan" ke dalam menu Mulai untuk mengakses alat yang memungkinkan Anda membuatnya sendiri. Namun, ini memerlukan sedikit ruang, dan Anda harus melakukannya sebelum mengalami masalah. Jika Anda belum membuatnya, sebaiknya buat disk instalasi Windows baru, seperti dijelaskan di #2.

Untuk mencakup semua dasar: tidak ada cara untuk mengatur ulang pabrik Windows dari BIOS. Panduan kami untuk menggunakan BIOS menunjukkan cara mengatur ulang BIOS Anda ke opsi default, tetapi Anda tidak dapat mengatur ulang pabrik Windows itu sendiri melaluinya. Juga tidak ada cara untuk mereset laptop Anda ke pabrik tanpa menyalakannya; Anda memerlukan kekuatan untuk melakukan semua operasi di atas.

4. Reset Pabrik Windows 10 Menggunakan Opsi "Fresh Start" (Versi Lama)

Jika Anda menggunakan Windows 10 versi lama, Microsoft menawarkan cara berbeda untuk mengatur ulang komputer Anda ke setelan pabrik, yang disebut Fresh Start. Dimulai dengan Windows 10 versi 2004, opsi ini digantikan oleh proses yang dijelaskan di atas, jadi gunakan opsi tersebut jika Anda menggunakan versi modern.

Kami menyertakan proses ini untuk penyelesaiannya, tetapi jika Anda menggunakan versi Windows 10 yang masih menawarkan ini, Anda perlu menginstal versi terbaru Windows 10 sesegera mungkin untuk menjaga keamanan PC Anda.

Untuk mengakses Fresh Start, pada halaman setting> update& security> recovery, klik tautan learn how to start fresh with a clean intallation of windows di bagian bawah. Ini akan membuka aplikasi Keamanan Windows, menampilkan opsi fresh start . Klik get started untuk melanjutkan.

Perhatikan bahwa jika Anda menggunakan setidaknya Windows 10 versi 2004, mengeklik teks tautan ini akan membuka halaman Awal Baru Microsoft di browser Anda.

Berikut cara kerja Fresh Start:

  • Fresh Start selalu menyimpan file pribadi Anda, tanpa opsi untuk menghapus semuanya dan melakukan reset pabrik penuh.
  • Fresh Start mengunduh versi terbaru Windows 10 dari Microsoft, tanpa opsi untuk menginstal ulang dari file lokal.
    • Oleh karena itu, Fresh Start menghindari kekacauan dengan menghapus semua aplikasi Windows non-standar, termasuk bloatware pabrikan. Satu-satunya pengecualian adalah aplikasi Microsoft Store yang diinstal oleh pabrikan, yang tetap ada.
  • Terakhir, Fresh Start menyimpan "beberapa pengaturan Windows", tetapi tidak menentukan yang mana. Proses reset di atas tidak menyimpan pengaturan Anda.

Singkatnya, Fresh Start mengunduh salinan baru dari versi Windows 10 terbaru, menyimpan file dan beberapa pengaturan Anda, dan tidak meninggalkan bloatware pabrikan mana pun, selain dari aplikasi Store. Sebagai perbandingan, opsi reset standar memungkinkan Anda memilih apakah akan menyimpan file Anda, tidak menyimpan pengaturan apa pun, menginstal versi Windows yang sama, dan memungkinkan Anda memilih cara menginstal ulang OS.

Perlu diingat bahwa setelah melakukan penginstalan ulang dengan cara ini, Anda mungkin perlu memasukkan kembali kunci lisensi untuk aplikasi premium, dan kemungkinan besar perlu memperbarui driver sistem .

Sekarang Anda Tahu Cara Reset Pabrik Komputer Windows Anda

Anda memiliki beberapa opsi untuk mengatur ulang pabrik komputer Windows. Jika Anda menggunakan Windows 10 atau 11, opsi reset pabrik bawaan cepat dan mudah. Jika Anda mau, semua pengguna Windows modern dapat mengunduh image dari Microsoft dan melakukan instalasi bersih dengan cara itu.

Apakah Anda perlu menyetel ulang laptop sepenuhnya sebelum menjualnya, atau hanya ingin menyegarkan PC Anda untuk meningkatkan kinerja, salah satu metode berikut akan membantu Anda menyetel ulang Windows secepat mungkin.

Lain kali, Anda mungkin tidak perlu mengatur ulang Windows. Ada cara lain untuk membuat komputer Anda dalam kondisi bersih tanpa menginstal ulang OS.

Posting Komentar untuk "4 Cara Reset Pabrik ( Factory Reset) Komputer Windows Anda"