Warga Menemukan Benda Purbakala di Reruntuhan Longsor

68

PIJAKAN. COM. – Barang purbakala di temukan Warga Desa Kunden, Kecamatan Wirosari, Grobogan, Jawa Tengah pada lokasi longsor . Benda tersebut berupa batu bata berukuran besar dan guci.

Penemuan benda tersebut berasa lokasi di pekarangan rumah Kriswati (80) di pinggir Sungai Kauman dengan kedalaman lima meter. Menurut Kriswati, saat itu ia sedang membersihkan pekarangan, tiba-tiba tanah bergerak dan terjadilah longsor.  Kriswati bersama anak-anaknya yang berada di pekarangan rumah kemudian melihat bongkahan batu yang muncul dari longsoran. Setelah dilihat ternyata batu bata berukuran besar dengan panjang 50 sentimeter, lebar 25 sentimeter, dan tebal 10 sentimeter.
 
Anak Kriswati, kemudian turun ke tebing sungai dan melihat sebuah lubang yang muncul airnya. Di samping lubang terdapat batu bata besar yang masih tertata dan tertutup tanah.
 
Dia juga menjelaskan bahwa satu tahun yang lalu ia juga menemukan sebuah guci dan piring yang diduga peninggalan zaman kuno. Namun karena pecah, benda-benda tersebut kemudian dibuang begitu saja.
 
dia juga menjelasakan sengaja tidak lapor ke pemerintah karena takut rumahnya digusur lantaran digunakan sebagai tempat penelitian. Menurut cerita turun temurun warga setempat, dulu lokasi penemuan barang purbakala merupakan tempat pembuatan keris serta pos pengintaian pada Zaman Kerajaan Majapahit.

Baca juga:  Masih Mengeluarkan Dentuman, Merapi Status Waspada
SHARE

Kirim Komentar