Wafid : Choel perantara persenan Hambalang buat Andi

79

PIJAKAN. COM. – Wafid Muharam mengakui Andi Zulkarnain Anwar alias Choel Mallarangeng adalah perantara buat mengurus proyek Hambalang. Dia menambahkan, Direktur Utama Fox Indonesia itu juga menjadi makelar yang menampung persenan dari proyek menelan biaya Rp 2,5 triliun. Hal itu diungkap Wafid dalam sidang Andi Mallarangeng hari ini. Dia mengakui Choel mengharapkan ada komisi yang diberikan buat Andi melalui dia terkait proyek Hambalang.

“Sesuai dengan BAP saya waktu itu, yang meminta fee pada kami Pak Choel Mallarangeng. Waktu itu Pak Deddy (Kusdinar) pernah ketemu dengan Pak Choel. Terus menyampaikan ke saya, Pak Choel mengharapkan ada semacam fee ke beliau (maksudnya ke Choel dan Andi),” kata Wafid saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (5/5).

Wafid melanjutkan, dia pernah membicarakan soal komisi itu dengan Choel dalam pertemuan di Plaza Indonesia pada sekita September atau November 2010. Saat itu, lanjut dia, hadir pula staf khusus Menpora R. Fakhrudin, dan mantan Kepala Biro Perencanaan Kemenpora, Deddy Kusdinar.

Baca juga:  Atut Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor, Selasa

Lantas, Jaksa Hendra Apriarsa membacakan Berita Acara Pemeriksaan milik Wafid. Dalam BAP, Wafid mengakui Choel mengatakan, ‘Kakak saya sudah setahun menjadi menteri, masa belum dapat apa-apa ke saya. Tolong back-up dia dan jangan lupa bantu operasional kami. Selama ini saya (Choel) back-up kegiatan Kemenpora. Kakak saya juga selalu minta tolong back-up Kemenpora. Pak Andi telah mempercayakan saya (Choel) untuk bantu-bantu di Kemenpora. Kakak saya juga tidak mau minta langsung ke Pak Wafid.’

“Bukan tidak mau, tapi tidak mungkin minta langsung. Pak Fakhrudin bilang, ‘Tolong dibantulah pak, nanti saya komunikasi.” ujar Wafid.

Jaksa baca bap lagi: Nomor 119. Kata Choel tidak mungkin kakak saya secara langsung minta ini. Ada lagi BAP 143. Choel mengatakan kan tidak mungkin kakak saya meminta kepada saya (wafid) atau Deddy Kusdinar.

Jaksa Hendra Apriarsa kembali bertanya kepada Wafid ihwal komisi proyek Hambalang diminta Choel. Wafid pun lantas membeberkannya.

“Iya pak begitu. 15 persen,” sambung Wafid.

SHARE

Kirim Komentar