Seskab: WNI Dari Syuriah Menyandang Identitas Khusus

101

antisipasi mencegah terulangnya aksi terorisme seperti yang terjadi di kawasan sekitar Sarinah, Jakarta, pekan lalu, pemerintah sedang memikirkan untuk meniru sejumlah negara seperti Malaysia, yang memberikan identitas khusus bagi warganya yang telah kembali setelah ikut berperang di Suriah, dengan memberikan gelang elektronik yang bisa dipantau kemanapun mereka bergerak.

“Tentu pemerintah Indonesia akan memikirkan bagaimana cara mengawasi WNI yang kembali dari Suriah,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, kepada wartawan di halaman kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/1) sore.

Menurut Seskab, ada dua poin yang menjadi pertimbangan dan akan dimasukkan dalam rencana revisi Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Pertama, pencegahan. Kedua, deradikalisasi.
Sebagai negara demokrasi, kita akan memikirkan tanpa harus melanggar hak asasi manusia,” kata Pramono.

Wartawan bertanya, apakah jika terang-terangan mendukung kelompok ISIS tidak bisa ditindak?

Baca juga:  Bima Butuh Pasokan Pangan Untuk Pengungsi korban Banjir

“Sekarang ini kan ada di website-website yang seperti itu, pemerintah tidak bisa melakukan tindakan, yang bisa dilakukan hanya menutup. Kemarin ditutup sampai 18. Tapi kalau di negara yang payung hukumnya sudah lengkap, itu bisa dilakukan,” kata Pramono Anung.

Menurut Seskab, ancaman gerakan radikal ISIS sekarang ini sudah terbuka, mereka tidak lagi bersembunyi. Beda dengan kasus ketika para fighter atau kombatan kembali dari Afghanistan atau Moro, pada waktu itu mereka tertutup. Kalau sekarang ini ada ideologinya, ada bentuknya, ada rancangannya, dan mereka secara terbuka sudah mendeklarasikan itu.

“Maka pencegahan dan deradikalisasi tadi menjadi penting. Seperti tadi yang menjadi pembicaraan di kalangan pimpinan lembaga negara, adalah bagaimana mengedepankan Islam yang sebenarnya, yang rahmatan lil alamin, kemudian Pancasila yang kita bumikan kembali. Proses-proses itu yang dipikirkan,” tutur Pramono.

SHARE

Kirim Komentar