Rudal Buatan Pakistan Sedang Dipersiapkan

122

Pakistan berhasil melakukan uji penerbangan sebuah peluru kendali yang dikembangkan sendiri dan diberi nama “Raad” dengan jarak jelajah 350 kilometer, kata militer.

“(Peluru kendali jelajah) Raad dilengkapi dengan sistem navigasi dan alat-alat canggih yang menjamin mengenai sasaran dengan akurat,” demikian satu pernyataan militer pada Selasa.

Pengetesan tersebut dilakukan saat sedang dilakukan serangkaian pembicaraan Pakistan dan India, tetangga dan juga rivalnya, sejak kedua negara itu mendemonstrasikan kemampuan senjata nuklir pada 1998.

Hubungan antara Pakistan dan India — yang telah berperang tiga kali sejak keemerdekaan dari Inggris pada 1947 — selalu tak rukun. Pada Agustus lalu bentrokan-bentrokan terjadi di sepanjang perbatasan mereka dan perselisihan atas pertemuan seorang diplomat Pakistan dan separatis Kashmir.

Baca juga:  Nuklir Ramah Lingkungan Untuk Masyarat

Pakistan menguji rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak pada 15 Desember tahun lalu.

Pekan lalu menteri luar negeri India mengadakan pembicaraan dengan rekan sejawatnya Sartaj Aziz dari Pakistan di Islamabad di sela pertemuan tingkat tinggi regional mengenai Afghanistan, tempat mereka bersama-sama mengumumkan bahwa mereka akan memulai lagi pembicaraan perdamaian tingkat tinggi.

SHARE

Kirim Komentar