Polisi Ungkap Prostitusi di Bawah Umur via Facebook

102

PIJAKAN. COM.– Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Surabaya harus bersusah payah untuk membongkar prostitusi melalui jejaring sosial Facebook. Untuk menangkap Suryo Fitriawan, pemegang akun, petugas harus menyamar sebagai sebagai pemesan gadis yang dipampang di akun FB dengan nama Area Bisyar dan Bispak Surabaya-Sidoarjo.

Kanit PPA Polrestabes Surabaya AKP Suratmi mengatakan, di akun FB tersebut Suryo Fitriawan oleh para member akrab disapa dengan sebutan Papi Darma. Polisi menemukan salah satu member yang telah masuk untuk membongkar sindikat pelacuran yang rata-rata di bawah umur itu. “Polisi bekerja sama dengan seseorang yang bernama Bimbim. Dia sudah menginvate salah satu pin BB atas nama Papi Darma,” kata Suratmi.

Melalui akun Bimbim inilah, diketahui apakah ada cewek yang bisa dibooking untuk kencan di salah satu hotel di Surabaya. Saat itu, Papi Darma menjawab yang tersedia saat ini hanya ada empat gadis yakni Rr, Yy, Rt dan En. Dari nama-nama yang disodorkan, Bimbim memilih Rr karena masih berusia 16 tahun dan duduk di bangku SMA Swasta di Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga:  BLBI : Bertanggung Jawab Atas Hutang Negara

“Ketika ada kesepakat, Bimbim menemui Papi Darma untuk melakukan transaksi di salah satu kafe di Surabaya. Saat itu ada anggota yang menguntitnya,” jelasnya. Setelah disepakati, Papi Darma datang dengan membawa gadis yang bernama Rr. “Ketika Transaksi usai, polisi langsung menangkap pria tersebut di kafe kawasan Jalan Basuki Rahmat dan langsung di bawa ke Mapolres Surabaya,” paparnya.

Sebelumnya, Polisi berhasil mengungkap pelacuran melalui jejaring media sosial. Dari pengungkapan ini Polisi berhasil menangkap Suryo Fitriawan warga Sedati, Sidoarjo, yang merupakan mucikari untuk menyalurkan sejumlah gadis belia untuk pemuas nafsu para lelaki hidung belang. Suryo dijerat dengan pasalĀ  88 UU RI nomor 23 tahun 2002, tentang perlindungan anak. “Ancaman hukuman minimal 3 tahun dan maksimal 15 tahun. Karenanya tersangka sekarang diamankan di tahanan Polrestabes Surabaya,” pungkasnya.

SHARE

Kirim Komentar