Oknum Pemerintahan Terindikasi Pelaku Intoleransi

147

Yenny Wahid menyebut dari hasil catatan sepanjang 2015, salah satu pelaku intoleransi di Indonesia adalah aktor negara. Menurut dia, aktor negara ini memiliki peran yang luar biasa untuk menimbulkan iklim toleransi dan intoleransi.

“Ada dua aktor ya yg melakukan tindakan, yaitu aktor negara dan aktor non-negara. Negara kita melihat juga punya peran yang luar biasa sekali dalam hal menimbulkan iklim toleransi dan intoleransi,” kata Yenny usai mengisi acara diskusi dalam Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berpendapat.

Selain itu, kabar baik dari hasil catatannya praktik toleransi di Indonesia mulai membaik dan semakin kuat. Sedangkan, dalam catatan buruknya, para aktor yang intoleransi ini masih melakukan diskriminasi terhadap sejumlah kelompok minoritas.

Baca juga:  MUI Himbau Umat Islam Sholat Ghaib Untuk Korban Gempa Aceh

“Inisiatif mulai muncul, mulai menguat itu good news-nya. Tapi bad news-nya masih ada juga aktor-aktor negara yang melakukan diskriminasi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, kasus intolenransi itu dapat dilakukan dan berimbas kepada siapa saja. Yenny menilai tidak menutup kemungkinan baik pemerintah dan aparat negara bisa menjadi pelaku atau pun korban intoleransi. Dia mencontohkan Gubernur DKI, Basuki T Purnama sebagai korban intoleransi.

SHARE

Kirim Komentar