Menelisik Peran Guru, Mendidik Bukan Mengajar

146

Oleh: M.Hamdi Qodir (Aktivis KNPI DPD. D.I.Yogyakarta Bidang Pelajar dan Mahasiswa)

Pendidikan adalah suatu hal penting yang tidak pernah selesai dibicarakan karena esensial nya jauh lebih penting yang mampu menentukan arah kualitas Sumber Daya Manusia Bangsa. Bangsa kita (Red: Indonesia) masih mempunyai tiga hal penting yang sampai sekarang masih belum seutuhnya terjawab merata yang dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat, yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Politik.

Ketiganya masih membutuhkan stake holder yang benar-benar sesuai dengan misi substansialnya. Pendidikan masih ada masalah dengan Transmisi Guru sebagai pendidik, kesehatan juga masih bermasalah dengan cara pelayanan dan hak manusiawi sebagai warga Indonesia, dan sementara politik semua orang tau masih berlingkup di kepentingan personal, kelompok dan perbedaan yang tidak pada arah sivic mission konstitusi dan UUD 45.

Berbicara Pendidikan tentu ada tiga Piramida penting, yaitu adalah Guru, Murid dan Orang tua (Red: Masyarakat). Daoed Yoesoef (1980) menyatakan bahwa seorang guru mempunyai tiga tugas pokok yaitu tugas profesional, tugas manusiawi, dan tugas kemasyarakatan. Yang dimaksud tugas profesional dari seorang guru adalah meneruskan atau mentransmisi lmu pengetahuan dan nilai-nilai lain yang sejenis untuk memberikan kerangka berpikir yang baik dalam menghadapi kehidupan dan berkehidupan, bukan hanya sekedar memberikan materi layaknya pemateri-pemateri di berbagai seminar.

Baca juga:  Penjelasan Ketum PB HMI terkait Isu Dukung Anies-Sandi

Bahkan seorang harus mampu menjadi bapak, ibu, kakak, teman dan bahkan di waktu-waktu tertentu harus mampu menjadi adek juga bagi seorang murid. Tetapi semuanya​ tanpa harus mengurangi kewibawaan dan kehormatan seorang guru dimata murid saat kita (red:Guru) mencoba memposisikan dirinya sebagai apapun saat murid lagi membutuhkannya.

Tugas istimewa yang perlu semua guru atau pendidik ketahui yaitu guru tidak hanya mengajarkan materi pelajaran saja dikelas, tetapi seorang guru juga harus mampu menjadi katalisator, motivator dan dinamisator bagi semua murid untuk membangun sikap dan sifat kemanusiaan yang mandiri dan berfikir maju untuk dirinya dan Bangsanya.

SHARE

Kirim Komentar