Diduga Rekaman Percakapan MH370 Diedit

216

Para ahli audio forensik Amerika Serikat atas peristiwa hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 meminta penyelidikannya lebih terbuka. Permintaan ini dilakukan setelah mereka menduga kuat bahwa rekaman percakapan pesawat telah diedit.

“Ini sangat aneh,” kata pakar audio video forensik Ed Primeau dari Forensik Primeau, Michigan, AS, kepada NBC News, seperti dikutip dari laman Malaysian Insider,  Minggu, 4 Mei 2014. Ia menuturkan ada empat jeda yang terdengar sangat jelas yang menunjukkan bahwa rekaman telah disunting.

Pada sekitar menit ke 01.41, terdengar suara seperti seseorang tengah memegang perekam digital dan mendekatkannya ke speaker. Ed menambahkan.  

Rekan Ed, Kent Gibson, menambahkan, editan ini menunjukkan bahwa “pemerintah Malaysia atau siapa pun itu ingin menunjukkan rekaman editan untuk alasan tertentu.”

Baca juga:  Inilah 6 Kecelakaan Pesawat Paling misterius Dalam Sejarah

“Ini bukan cara yang tepat untuk menangani bukti,” ujar Gibson.

Sudah hampir dua bulan pesawat tujuan Beijing dari Kuala Lumpur hilang. Sebanyak 239 penumpang dan awak pesawat belum diketahui rimba dan nasibnya. Sejumlah spekulasi pun bermunculan, dari pesawat hancur berkeping-keping hingga pembajakan.

SHARE

Kirim Komentar