Bank Syariah Incar BUMN, Guna Meningkatkan Posisi Tawar

84

PIJAKAN. COM.- Pemerintah perlu meningkatkan jumlah kerja sama guna menggenjot performa perbankan syariah di Tanah Air. Pasalnya, hingga kini dana syariah yang berasal dari pemerintah belum mencapai 5%. Pengamat Ekonomi Syakir Sula mengatakan bentuk kerja sama yang bisa dilakukan antara bank syariah dengan pemerintah yaitu pada pendanaan infrastruktur dan berbagai program kementrian lainnya.

Dia menggambarkan, di Malaysia, dana pembangunan infrastruktur pemerintah, sebagian besar menggunakan dana dari bank syariah. “Kalau pun pendanaannya bergabung dengan bank konvensional, umumnya bank syariah tetap memegang porsi lebih besar,” ujar Syakir. Peningkatan kerja sama ini perlu dilakukan mengingat market share perbankan syariah di Indonesia yang masih besar. “Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar. Namun, perbankan syariah Indonesia baru berada di posisi ke-5 di seluruh dunia,” ungkap Syakir.

Baca juga:  Proyek EPC Hambat Produksi Blok Cepu

Disamping itu, Presiden Direktur Bank Internasional Indonesia melakukan kerja sama dengan Garuda Indonesia. Kerja sama tersebut dalam bentuk pendanaan syariah senilai US$100 juta. “Ke depannya kami akan mengincar BUMN andalan lain dengan mengutamakan akad syariah,” tutur Taswin Zakaria.

SHARE

Kirim Komentar