Polairud Terus Dorong Program Kemaritiman Pesisir Barat Sumatera

0
25
Syukuran HUT Korpolairud Baharkam Polri Ke-67, Tahun 2017 yang ditandai dengan Pemotongan Tumpeng miniatur Kapal Perang, 05/12.

Bengkulu, Pijakan.com – Program Gubernur Bengkulu menjadikan Bumi Rafflesia yang terletak di pesisir Barat Sumatera sebagai salah satu Poros Maritim Nasional terus mendapatkan dukungan penuh dari jajaran TNI-Polri. Hal ini ditandai dengan diperkuatnya pengamanan kawasan perairan dan udara Bengkulu oleh Korpolairud (Korps Kepolisian Perairan dan Udara) Baharkam (Badan Pemeliharaan Keamanan) Polri Bengkulu.

Dikatakan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung, dengan kesiap siagaan personil Polairud Polda Bengkulu dibantu kesigapan dari pihak TNI, diyakini laut Bengkulu bisa diamankan dari berbagai ancaman keamanan administratif perairan maupun ancaman pidana.

“Kita harapkan Polairud bisa terus eksis di laut dan udara dengan terus berkoordinasi dengan TNI AL, TNI AD dan TNI AU. Bisa menangani secepatnya jika terjadi tindak pidana di laut,” jelas Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung, usai memimpin Upacara HUT Korpolairud Baharkam Polri Ke-67, Tahun 2017, di Lapangan ASDP Pulau Baai Bengkulu, Selasa (05/12).

Lanjut Kapolda Bengkulu, koordinasi dan sinergi terhadap Pemprov Bengkulu juga terus dilakukan dalam mewujudkan Program Kemaritiman. Sehingga program ini bisa berjalan sebagaimana diharapkan dan muaranya untuk mendorong kemajuan perekonomian masyarakat Bengkulu.

“Makanya perlu dilakukan koordinasi dan terus bersinergi terhadap elemen-elemen kemaritiman itu. Mudah-mudahan konsistensinya bisa dijalankan terus, sehingga kita bisa menjaga perairan sepanjang 559 kilometer ini,” pungkasnya.

Mewakili Plt Gubernur Bengkulu, Plt Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, selama ini koordinasi intensif terus dilakukan Pemprov bengkulu dan jajaran TNI-Polri Bengkulu. Pengamanan laut Bengkulu telah dilakukan maksimal oleh pihak Polairud Bengkulu, walaupun di tengah keterbatasan sarana dan prasarana armada keamanan.

“Jadi kalau melihat kinerja yang dilaksanakan oleh Polairud memang sudah sangat maksimal, walaupun dalam kondisi sarana prasarana yang agak kurang. Ini yang perlu kita jalin untuk bersinergi dan bekerjasama dalam mewujudkan cita-cita kita sebagai daerah kemaritiman,” ungkap Plt Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri. [*]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini